Selasa 30 Sep 2014 13:42 WIB

Simbol Kelas Atas, Batu Akik Kian Laris

 Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)
Bermacam batu akik dengan cincin perak di ITC Kebonkalapa, Kota Bandung, Ahad (14/9). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Fenomena batu akik kini membuat penggemarnya rela menghabiskan uang jutaan rupiah. Ternyata batu berharga hingga jutaan rupiah ini menyimpan simbol kelas atas.

“Batu akik menjadi representasi simbol kalangan atas. Khususnya ketika batu kemudian digunakan bahkan oleh para pemimpin Indonesia bahkan dunia,” jelas pengamat sosial budaya dari Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati, Selasa (30/9).

Artinya, jelas Devie, batu akik kini menjadi simbol bagi para manusia modern yang ingin dianggap sukses atau maju. Dosen program Vokasi UI ini menuturkan, salah satu pendongkrak kebangkitan batu akik ketika Presiden Obama menerima batu dari Indonesia.

Peristiwa pemberian tersebut yang kemudian dengan cepat dimanfaatkan oleh para pebisnis sebagai upaya melahirkan kembali produk batu. "Ketokohan para pemimpin ataupun tokoh dunia yang menggunakan batu inilah yang kemudian. dikapitalisasi oleh pasar," paparnya.

Hal itu berbanding lurus dengan naiknya harga jual batu akik. Para tokoh dunia seolah menjadi 'bintang iklan gratis' bagi produk batu ini. Devie memprediksi, Indonesia sebagai negara dengan penduduk ke empat terbesar di dunia, tentunya menjadi sasaran pasar bagi pebisnis.

"Indonesia dianggap sebagai 'pasar seksi' bagi para penjual batu di seluruh dunia," kata Devie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement