Senin 29 Sep 2014 09:36 WIB

7 Tips Bermanfaat untuk Senyum Indah dan Sehat (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Senyum (Ilustrasi)
Foto: AP
Senyum (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- ROLers, bila Anda memiliki nafas segar dan gigi putih, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah tersenyum. Tips mudah ini akan membuat senyum Anda lebih sehat dan lebih indah dalam sekejap.

Beberapa orang mungkin diberkati dengan gigi sempurna, yang lain memiliki banyak masalah gigi. Untungnya, perawatan yang tepat dapat mencegah sebagian besar masalah gigi. Penyakit gusi, misalnya, disebabkan oleh plak, bakteri yang menumpuk dan lengket di gigi dan sela-sela gigi. Untuk menghindari hal itu dan masalah gigi lainnya, Anda perlu mengembangkan kebiasaan gigi sehat berikut, dilansir dari Womanitely, Senin (29/9).

1. Jangan gunakan gigi sebagai alat

Salah satu kesalahan terbesar yang orang lakukan adalah menggunakan gigi mereka sebagai alat. Misalnya, ada yang menggunakan gigi untuk mencopot tag pakaian, membuka kulit kacang, hingga membuka tutup botol. Itu sangat berbahaya. Kita semua tahu gigi itu diciptakan hanya untuk mengunyah makanan dan jangan pernah menggunakannya sebagai alat.

Menggunakan gigi untuk membuka tutup botol misalnya dapat membuat patah tulang kecil di enamel gigi. Itu berpotensi menyebabkan retak besar dan akhirnya masalah besar pada gigi Anda.

2. Pilih pasta gigi yang benar

Tentu saja akan lebih muda bagi Anda membeli pasta gigi yang murah, sebab Anda berpikir tidak ada bedanya antara pasta gigi yang mahal dan murah. Naun, sangat penting untuk memilih pasta gigi dengan bijak. Sebagian besar jenis pasta igi mengandung gliserin yang mungkin lebih banyak bahayanya ketimbang manfaatnya. Masalahnya, gliserin melapisi gigi dan mencegah remineralisasi.

Tulang gigi itu terdiri dari kalsium, fosfor, dan mineral lain yang semuanya dikirim ke gigi melalui air liur. Ketika mineral ini tidak bisa menyerap ke gigi karena gliserin dari pasta gigi terlalu banyak melapisinya, maka gigi Anda tidak akan sekuat yang seharusnya. Jadi, pastikan Anda membeli pasta gigi yang bebas gliserin.

3. Sikat gigi setiap hari

Ini memang tips paling mudah namun banyak orang yang tetap saja lupa menyikat giginya dua kali sehari. Menyikat gigi secara teratur menghapus plak dari permukaan gigi. Hanya, pastikan Anda menyikat gigi dengan benar.

Anda harus memegang sikat gigi Anda dengan sudut sekitar 45 derajat, dimana gusi dan gigi bertemu. Sikat dengan lembut bolak-balik, menggunakan gerakan pendek. Anda juga harus menyikat gigi Anda setiap 15-20 sikat dengan gerakan lembut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement