Jumat 26 Sep 2014 07:12 WIB
Wirausaha

Bisakah Memulai Bisnis Tanpa Modal?

Les Privat (Ilustrasi)
Foto: myaspergerschild.com
Les Privat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saya masih mahasiswa dan ingin punya bisnis sendiri. Mungkinkah berbisnis tanpa bermodal?

Dudi (19 tahun)

Jawaban:

Dear Mas Dudi,

Pertama, salut untuk semangat  Mas Dudi yang memiliki cita-cita memulai bisnis sejak dini. Mayoritas mahasiswa memimpikan untuk bekerja di kantor-kantor besar setelah menyelesaikan studinya. Tetapi Mas Dudi berkeinginan untuk berbisnis, saya sungguh salut dengan semangat Anda.

Untuk menjawab pertanyaan Mas Dudi, Apakah bisnis bisa dilakukan tanpa modal, mari kita perluas batasan pengertian kita tentang “bisnis” dan “modal”.

“Bisnis” pada hakikatnya adalah melakukan suatu usaha, baik berupa jual-beli barang, maupun jasa, yang tujuan akhirnya adalah memperoleh margin tertentu, yang biasa disebut sebagai keuntungan usaha. Untuk barang tentu saja yang kita perjualbelikan harus berwujud.

Tetapi untuk jasa, pengertiannya lebih luas karena lebih bersifat tidak kasat mata. Hal-hal yang kita jual tidak berwujud, namun manfaatnya bisa dirasakan oleh pembeli. Sebut saja, yang populer di kalangan mahasiswa, jasa les privat untuk siswa SD – SMP – SMA – bahkan adik tingkat.

“Modal”, memang erat kaitannya dengan sejumlah uang tertentu untuk membiayai usaha yang kita geluti. Namun selain itu, waktu, ide-ide kreatif, dan networking yang luas juga merupakan “modal” penting untuk memulai usaha.

Mengapa demikian? Karena tanpa waktu yang kita luangkan untuk kegiatan bisnis, mustahil kita bisa melakukan bisnis kita. Tanpa ide kreatif, usaha kita tidak akan berkembang dan akan kalah dengan persaingan bisnis saat ini yang selalu melakukan inovasi. Tanpa networking yang luas, akan sulit untuk mengembangkan bisnis kita agar dikenal oleh lebih banyak orang.

Keempat faktor di atas, Uang, waktu, ide kreatif, dan networking mutlak dibutuhkan untuk memulai suatu bisnis. Jika diantara keempat hal tersebut ada yang kurang, bermitra dengan rekan bisnis yang memiliki pemikiran bisnis yang sejalan dengan kita bisa menjadi alternatif. Dan, tentu saja, dengan berjalannya waktu, kebutuhan tersebut dapat kita targetkan dalam jangka waktu tertentu, atau yang biasa dikenal dengan istilah Business Plan.

Jika kemudian ada pertanyaan apakah ada bisnis yang bisa dimulai dengan modal “uang” yang minim bahkan nol, jawaban saya, bisa, asal didukung dengan ide kreatif dan kemampuan menonjol dalam bidang tertentu. Seperti yang saya kemukakan sebelumnya, pengertian bisnis sangat luat, anda tidak hanya bisa menjual barang, tetapi juga bisa menjual jasa. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, sebut saja internet dan media sosial untuk menunjang bisnis Anda.

Selamat datang di dunia bisnis.

Salam,

 

Khoirunnisya

Financial Advisor Specialist

Konsultan di Entrepreneur Institute

 

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement