Kamis 25 Sep 2014 11:00 WIB
Wirausaha

Kiat Menyiapkan Mental untuk Berbisnis

Bisnis laundry kiloan
Foto: Antara
Bisnis laundry kiloan

REPUBLIKA.CO.ID, Pak, apa saja yang perlu diperkuat kalau hendak memulai bisnis?

Ilham (23 tahun)

Jawaban:

Salam wirausaha mas Ilham, hebat sekali telah mulai memiliki semangat untuk mandiri di usia muda. Tentu banyak hal yang perlu dibangun dalam rancangan usaha pada tahap permulaan, tetapi yang paling utama adalah memperteguh niat dan menguatkan mental untuk terjun ke bisnis. Itu hal terpenting.

Perlu dipahami dalam siklus bisnis secara keseluruhan, bahwa kegagalan start up bisnis terjadi pada periode tahun pertama dari awal pembentukannya. Oleh karena itu sikap mental yang tahan banting dan pantang menyerah adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar.

Nah bagaimana cara menyiapkan mental bertarung yang kuat itu? Tentu dapat dilakukan beberapa langkah terkait, termasuk diantaranya:

* Pilih bidang bisnis yang sesuaia dengan dasar kemampuan atau keahlian yang dimiliki, karena basis pengetahuan menjadi penting dalam memberikan dorongan bagi kemajuan bisnis yang ditekuni.

* Merumuskan bidang bisnis, bagaimana menjalankannya secara operasional termasuk pengembangan penjualan dan mekanisme dalam melakukan pembukuan keuangan dan pemenuhan modal finansial.

* Bila kemudian pilihan bisnis bukanlah sebuah hal yang menjadi kemampuan dari keahlian pribadi, maka penting untuk memperbanyak referensi pengetahuan dalam bidang bisnis yang ditekuni, perbanyak buku tentang bisnis terkait, berdiskusi dengan pelaku usaha sejenis dan mencermati kondisi lingkungan di sekitar Anda. Belajar dalam aspek literatur membantu kita menguatkan insting antisipasi resiko.

* Peluang bisnis itu bisa terjadi kapan saja, hanya kejelian yang mampu membaca peluang yang dapat menempatkan bisnis menjadi maju dari yang kita bayangkan, perbanyak menjalin hubungan dengan pelaku bisnis maupun terlibat dalam asosiasi atau komunitas usaha membentuk pemahaman kita secara menyeluruh mengenai hal tersebut.

* Lakukan apa yang telah Anda rencanakan dan jalani dengan skema perencanaan yang dibuat tersebut, karena mental dalam spirit berjuang itu bisa dipertebal dengan pengalaman nyata, sehingga kita selalui siap untuk bertemu dengan berbagai kondisi yang aktual, karena bisnis bersifat dinamis.

Bisnis bukan soal copy-paste, serta tidak terdapat shortcut yang tersistem, oleh karena itu Anda hanya akan dapat menemukan karakter bisnis Anda melalui aspek praktik nan praktis. Jadi, perkuat mental itu.

Usia muda adalah saat yang tepat untuk benyak berlatih langsung, karena waktu untuk jalan kesuksesan yang Anda rentangkan terbilang panjang. Selamat mencoba, selamat datang di dunia usaha, kita beruntung dapat membuka ruang keberkahan bagi orang lain yang terlibat dari bisnis yang kita buat, sekecil apapun hal itu.

Tetap Semangat, Salam hangat entrepreneur.

Yudhi Hertanto

Marketing Strategic Specialist

Konsultan di Entrepreneur Institute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement