Selasa 23 Sep 2014 15:57 WIB

Demi '3 Nafas Likas', Vino G Bastian Rela Menghitamkan Diri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Vino G. Bastian
Foto: Republika/Amin Madani
Vino G. Bastian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Vino G Bastian melakoni karakter pejuang bernama Jamin Ginting dalam film terbaru garapan Rako Prijanto, '3 Nafas Likas'. Demi memerankan salah satu pejuang kemerdekaan RI itu, Vino rela melakukan sejumlah perubahan fisik.

Salah satunya merubah gaya rambut lurusnya menjadi keriting. 

"Jamin Ginting adalah seorang pejuang. Dia berkulit hitam dan berambut keriting. Saya harus dikeriting sampai dua kali dan ditanning, bahkan berjemur untuk menghitamkan badan," ujar Vino saat berkunjung ke redaksi Republika, Senin (22/9).

Dikatakannya '3 Nafas Likas' menjadi istimewa karena selain tema perjuangan, film ini juga mengangkat tema cinta yang disajikan dari sudut pandang perempuan Batak Karo bernama Likas, istri Jamin Ginting, lengkap dengan budaya Batak yang bergaris patrilineal zaman itu. Likas sendiri masih hidup dan baru saja menginjak usia 90 tahun. Dialah yang menjadi sumber inspirasi utama film ini. 

 

Vino menambahkan, pada zaman itu, hampir seluruh pemuda Batak menentang kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Namun Jamin Ginting tidak memandang demikian pada istrinya. Dia menilai perempuan juga  punya hak yang sama dengan laki-laki, hanya kodratnya saja yang berbeda. 

Film ini menurut Vino memberi pesan bahwa seorang pemimpin tidak bisa egois. Di dunia kerja, laki-laki bisa saja menjadi pemimpin, namun cerminan itu juga bisa dilihat dari perannya sebagai suami dalam rumah tangga.

"Ketika suami tidak dihormati di keluarganya, maka dia juga tidak akan dihormati dalam pekerjaannya. Suami membutuhkan dukungan perempuan (istrinya). Dalam keadaan sesulit apapun, suami akan tetap menjadi pemimpin," ujar Vino. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement