Selasa 23 Sep 2014 12:38 WIB
Wirausaha

Memperbesar Usaha di Bidang Teknik

Transaksi bisnis (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Transaksi bisnis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Saya sedang berkongsi dengan teman dalam hal pemodalan, kami bergerak di bidang perdagangan produk alat teknik. Kebetulan kami masih sama-sama bekerja juga.

Sistem yang dibuat adalah berdasarkan pesanan. Pekerjaan ini sudah berjalan satu tahun dan sudah dapat pesanan, meski masih kecil-kecilan. Pemasukan yang masuk belum signifikan jadinya.

Apa yang perlu dilakukan untuk menggerakkan usaha ini?

Terima kasih.

Irwandi (32 tahun)

Jawaban :

Salam wirausaha untuk Mas Irwandi, tetap semangat ya. Berbisnis alat teknik yang dimaksud tentu harus memiliki keahlian spesifik, karena harus memahami fungsi alat tekni yang dijualnya.

Jika membaca pertanyaan, sistem berdasarkan pesanan membuat alat tekniknya dibuat dengan suatu keahlian khusus. Bila kemudian ditanyakan berkaitan dengan upaya membesarkan bisnis tersebut, tentu banyak jalan yang dapat dibuat menuju Roma.

* Pahami siapa suspect client Anda, apakah kepada perusahaan atau perorangan atau dalam istilah keren disebut B2B (perusahan) atau B2C (ritel), dengan demikian semakin tajam fokus pemasaran Anda.

* Katakanlah alat teknik seperti ini dibutuhkan oleh B2B, maka lakukan pemilahan perusahaan sasaran yang dapat menjadi target klien Anda. Serta petakan siapa saja pesaing Anda yang spesifik.

* Jika kita memiliki strategi dalam aspek hubungan dengan pemasok dan kemampuan finansial yang cukup, maka kita bisa bertindak sebagai subkontraktor alat teknik dengan perjanjian bisnis tentunya.

* Definisikan kelebihan alat teknik yang Anda pasarkan agar menjadi kuat dan unik dibandingkan kompetitor dan produk setara lainnya, hal ini perlu sebagai pembeda.

* Kuatkan aspek pemasaran. Bentuk brosur dengan penjelasan singkat alat teknik Anda. Dukung pula dengan pembuatan sebuah portal online sehingga calon pelanggan dapat melihat kualifikasi Anda dan sediakan ruang komunikasi dengan pelanggan Anda.

* Berikan layanan purna jual, dengan memberikan pelatihan penggunaan atau dengan melakukan survei berkala kepada klien pengguna alat teknik Anda. Ini bisa menjadi sarana testimonial, lho.

* Bila masih perlu pengembangan lebih lanjut, bisa dipertimbangan untuk mengambil keagenan yang spesifik untuk merek produk alat teknis tertentu. Sehingga Anda menjadi saluran bagi pemasaran lokal.

Menjadi besar tentu memerlukan waktu, kesabaran dan kebesaran mental, dalam hal ini perlu secara jernih menetapkan target yang menjadi sasaran pencapaian kita dalam berusaha.

Evaluasi kekuatan dan kelemahan diri atas produk kita, tinjau pula pasar sasaran kita. Serta perhatikan kompetitor yang menjadi pesaing kita.

Terakhir rumuskan langkah yang tepat apakah kita perlu injak gas lebih dalam atau perlahan mengerem, karena pembacaan situasi eksternal dan internal diperlukan dalam sebuah usaha.

Demikian Mas Irwandi, tetap semangat.

Kita menjadi besar karena memiliki cita-cita yang besar dan setahap demi setahap mewujudkan hal tersebut. Salam wirausaha.

Yudhi Hertanto

Marketing Strategic Specialist

Konsultan di Entrepreneur Insitute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement