Kamis 18 Sep 2014 17:25 WIB

Belajar Berenang Saat Sudah Dewasa? Siapa Takut...

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Meski butuh waktu, dewasa yang belajar berenang kelamaan akan mahir.
Foto: Wihdan/Republika
Meski butuh waktu, dewasa yang belajar berenang kelamaan akan mahir.

REPUBLIKA.CO.ID, Pelatih renang Luh Kustini mengatakan tidak ada kata terlambat untuk belajar renang. Ketika belajar renang, orang yang belum bisa sama sekali akan diajarkan teknik mendasar terlebih dahulu. Di antaranya, teknik bernapas saat berenang, mengapung, dan meluncur.

Teknik bernapas saat berenang harus dikuasai agar air tidak masuk melalui hidung. Berikutnya, peserta kursus harus bisa mengapung untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berada di dalam air. Setelah itu, barulah mempelajari teknik meluncur. “Kedua tangan harus sejajar lurus di depan, kemudian kaki yang sejajar dengan tubuh digerakkan hingga tubuh terdorong maju.”

Kalau teknik dasar telah dikuasai, peserta akan masuk pada tahap gaya renang. Awalnya, mereka akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan gaya katak dan dada. Gaya bebas dan kupu-kupu akan lebih mudah dipelajari setelah mereka mampu melakukan kedua gaya mendasar tersebut.

Gaya renang juga memiliki manfaat tersendiri. Gaya bebas, contohnya, cocok untuk pengidap asma dan urat saraf terjepit. “Dengan menguasai gaya katak dan dada, otot tangan akan lebih lentur dan lebih mudah mempelajari berenang gaya bebas,” ucap Luh.

Orang dewasa yang baru belajar renang memang memiliki kesulitan tersendiri. Umumnya, badan dan otot mereka sudah tak lentur lagi sehingga sulit beradaptasi dengan gerakan di air. Kenyataan itu tidak berarti orang dewasa tidak akan bisa menguasai teknik renang.

Hanya, pada umumnya mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mahir. Waktu yang diperlukan seorang awam agar bisa menguasai teknik dasar berenang berkisar antara satu dan dua bulan. “Tiap orang akan menguasai teknik gaya renang dalam tempo yang berbeda,” tutur Luh yang juga berprofesi sebagai guru olahraga di salah satu sekolah dasar di Jakarta.

Saat ini, kolam renang khusus perempuan masih tergolong banyak. Kolam renang pun menjadi tempat berlatih les privat. Ingin les privat renang? Biayanya relatif terjangkau.

Untuk empat kali pertemuan dalam satu bulan di Kolam Renang Tirta Mas, Pulo Mas, Rawamangun, Jakarta Timur, contohnya, biaya kursusnya Rp 300 ribu. “Kalau ingin lebih dari waktu tersebut, cukup dikalkulasikan saja sesuai jumlah pertemuannya,” kata Luh yang mengajar di kolam renang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement