Rabu 17 Sep 2014 11:16 WIB

Inilah Definisi Sejahtera Menurut Dirut Pecinta Musik Jazz

Rep: C88/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Direktur Utama Jamsostek Elvyn G Masassya
Direktur Utama Jamsostek Elvyn G Masassya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Direktur PT BPJS, Elvyn G Masassya baru saja meluncurkan buku berjudul 60 Rahasia Menuju Sejahtera pada Rabu (17/9) di Jakarta. Ia mengungkapkan buku ini merupakan kumpulan tulisan sepanjang 25 tahun perjalanan karirnya.

Menurut pria yang telah menelurkan beberapa album Jazz ini kesejahteraan tidak diukur dari berapa banyak kekayaan yang dimiliki. Dia mengatakan jika seseorang telah mampu memenuhi kebutuhan pokoknya, ia sudah dapat dikatakan sejahtera.

Lebih lanjut Elvyn menuturkan, kesejahteraan dapat dibagi dalam lima level. "Kesejahteraan tidak  berbanding lurus dengan kekayaan, sejahtera yang sesungguhnya jika kita dapat mencapai sejahtera level lima," katanya.

Ia merinci, sejahtera level pertama adalah jika seseorang sudah memiliki pendapatan dan aktivitas yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Level kedua, adalah ketika pendapatannya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri sementara aktivitasnya sudah memberi manfaat untuk orang lain.

Sejahtera level tiga, lanjutnya, tatkala seseorang dapat membagi pendapatannya untuk orang lain dan aktivitasnya pun bermanfaat bagi dirinya sendiri. Kesejahteraan level empat yaitu ketika pendapatan seseorang dapat dibagi ke orang lain dan aktivitasnya bermanfaat bagi orang lain.

Sejahtera level kelima atau yang tertinggi adalah ketika seseorang memiliki aktivitas yang bermanfaat untuk orang lain. Di samping itu seluruh pendapatannya didedikasikan untuk orang lain. "Orang yang masih sibuk membeli barang mahal untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa dia kaya belum bisa dikatakan sejahtera," pungkas Elvyn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement