Ahad 14 Sep 2014 10:04 WIB

10 Buku Termahal di Dunia (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari
Jk Rowling
Foto: Telegraph
Jk Rowling

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Beberapa buku tebal bersegel mungkin saja menjadi barang unik, langka dan mahal di dunia. Harganya jika dikonversi bisa mencapai miliaran rupiah. Mendapatkan buku ini biasanya juga tak mudah, umumnya melalui acara lelang di rumah lelang dunia, khususnya di Amerika Serikat. ROLers, berikut adalah 10 buku termahal di dunia versi Forbes, Kamis (5/9).

10. The First Book of Urizen, William Blake (2,5 juta dolar AS)

Awalnya buku ini dicetak pada 1794. Salah satu dari delapan salinan aslinya pernah dijual di Sotheby New York seharga 2,5 juta dolar AS oleh seorang kolektor pribadi.

9. The Tales of Beedle the Bard, J.K. Rowling (3,98 juta dolar AS)

 

JK Rowling menciptakan tujuh cetakan aslinya dan masing-masing diilustrasikan Rowling sendiri. Enam salinan diberikan kepada teman-teman editornya. Pada 2007, satu salinan asli dijual di Amazon.com dan terjual seharga 3,98 juta dolar AS. Uang dari penjualan buku ini disumbangkan untuk amal ke The Children’s Voice.

8. Geographia Cosmographia, Claudius Ptolemy (4 juta dolar AS)

Ini adalah atlas dunia pertaa yang dicetak. Salah satu cetakan aslinya beharga 4 juta dolar AS dan terjual di Sotheby, London pada 2006.

7. Traité des arbres fruitiers [Treatise on Fruit Trees], Henri Louis Duhamel du Monceau (4,5 juta dolar AS)

Ini adalah buku paling mahal yang pernah ditulis tentang pohon dan buah, menampilkan 16 varietas berbeda. Lima volume dicetak asli dan salah satunya terlihat 2006 dengan harga jual 4,5 juta dolar AS.

6. The Gutenberg Bible (4,9 juta dolar AS)

Salinan Alkitab Gutenberg dijual pada 1987 dan mencetak rekor penjualan 4,9 juta dolar AS di Christie New York.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement