Jumat 12 Sep 2014 11:51 WIB

14 Desainer Potensial Indonesia Berangkat ke London Design Week

Harry Waluyo bersama 14 desainer RBDI terpilih
Foto: Puskompublik Kemenparekraf
Harry Waluyo bersama 14 desainer RBDI terpilih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah melalui proses yang cukup panjang, ajang Reka Baru Desain Indonesia 2014 akhirnya menetapkan 14 orang desainer penerima penghargaan. Ajang yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini bertujuan menemukan dan memetakan karya desain potensial dan juga kreatornya. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menemukan calon desainer terkemuka," ujar Harry Waluyo, Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek Kemenparekraf usai memberi penghargaan, Kamis (11/9) malam, di Jakarta. 
Harry mengatakan, ajang ini juga dalam rangka memberi kesempatan bagi desainer potensial Indonesia untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal melalui program pengembangan kapasitas. 
Untuk tahun ini para desainer terpilih akan diberangkatkan ke London, Inggris, untuk mengikuti ajang International London Design Week 2014. Disana mereka akan mengikuti program pengembangan kapasitas bertaraf internasional, yaitu Design Junction, Global Forum dan 100 % Design. 
"Dengan pengembangan ini diharapkan mereka mendapat wawasan internasional sehingga bisa membaca tren pasar internasional seperti apa," ujar Harry Waluyo. 
Tidak hanya itu, para desainer terpilih nantinya juga akan mendapat program pengembangan kapasitas lainnya seperti program pendampingan, fieldtrip ke sentra industri kreatif, fasilitasi pameran di dalam maupun luar negeri, fasilitas HKI (Hak Kekayaan Intelektual), Internship serta program lainnya yang ada di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 
"Keberhasilan program ini diharapkan dapat meningkatkan jejaring dan jumlah pelaku kreatif di tingkat daerah dan nasional serta diharapkan dapat mendorong ke tingkat regional dan internasional," ujar Harry. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement