Jumat 12 Sep 2014 05:31 WIB

Apa yang Dilakukan Bos saat Karyawan Berhenti? (1)

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Mansyur Faqih
Bekerja (Ilustrasi)
Foto: womendish.com
Bekerja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pimpinan perusahaan, kadang Anda harus menghadapi karyawan yang memilih mengundurkan diri. Kondisi menjadi dramatis ketika karyawan yang mudur merupakan andalan di kantor.

Dirangkum dari Forbes, Jumat (12/9), berikut beberapa hal yang Anda lakukan ketika karyawan kesayangan memilih berpaling:

1. Tetap Fokus 

Adalah hak setiap pekerja untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Namun biasanya si karyawan justru bekerja kurang maksimal ketika sudah memastikan undur diri dan banyak mengeluh.

Sebagai bos, Anda masih berhak mendapatkan pekerjaan terbaik. Solusinya, tanyakan padanya apa yang akan dia lakukan pada saat terakhir di perusahaan. Pastikan dia menyelesaikan semuanya dengan baik dan tuntas. 

2. Rencanakan Masa Transisi

Selagi masih ada waktu, buat masa transisi untuk calon pengganti karyawan yang mundur. Mulailah dengan mencermati agen yang selama ini ia tangani.

Selanjutnhya minta si karaywan untuk mengirimkan imel kepada klien untuk berpamitan. Pastikan semua klien tahu bahwa proyek mereka tetap menjadi fokus perusahaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement