Selasa 09 Sep 2014 09:31 WIB

Agar Seru, Siapkan Ini Sebelum Traveling (2-Habiskan)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
.
Foto: dok Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liburan ke tempat-tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya mempunyai tantangan tersendiri. Anda pun membutuhkan persiapan matang supaya perjalanan lancar dan menyenangkan.

Sebelum memulai petualangan baru coba siapkan lima hal berikut agar perjalanan jadi lebih berkesan. Simak tipsnya seperti dikutip dari The Independent Traveler, Selasa (9/9) :

4. Sahabat perjalanan

Sahabat yang ikut serta dalam perjalanan Anda kemungkinan besar akan memengaruhi perjalanan Anda dan aspek lainnya. Untuk itu, penting untuk melakukan pembicaraan sebelum perjalanan untuk mencari tahu tingkat kenyamanan semua orang dan kesamaan tujuan.

Pasalnya, kepribadian masing-masing orang berbeda. Misalnya, jika sahabat Anda tidak nyaman untuk tidur di rest area dan ingin memesan hotel pada malam-malam tertentu di perjalanan, maka cobalah untuk berkompromi.

Perjalanan bersama harus membuat semua pihak merasa nyaman. Semakin Anda mengetahui gaya berwisata teman seperjalanan Anda, maka semakin mulus langkah Anda menikmati liburan.

5. Biaya perjalanan

Menjaga bujet alias biaya perjalanan di bawah kendali dompet Anda sangat dibutuhkan. Anda harus mengendalikan emosi Anda, misalnya, jika punya uang pas-pasan, maka hindari sering makan di restoran.

Jika Anda ingin tinggal di hotel namun uangnya sangat mahal, maka lebih baik pilih motel atau asrama. Pastikan juga penginapan tersebut menyediakan sarapan gratis sebelum memulai perjalanan dipagi hari.

Jika Anda melakukan traveling bersama, maka rancanglah biaya perjalanan Anda sebelum bergerak. Mintalah iuran masing-masing anggota dalam jumlah yang sama. Hitung pengeluaran, mulai dari sewa mobil, bensin, tarif tol, kamar hotel, dan sebagainya. Dengan cara itu, tidak ada satu orang pun yang akan menuduh Anda tidak adil menghitung anggaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement