Jumat 05 Sep 2014 13:23 WIB

Lima Cara Jitu Ciptakan Bulu Mata Indah

Menjepit bulu mata paling baik dilakukan sebelum maskara dikenakan.
Foto: AP
Menjepit bulu mata paling baik dilakukan sebelum maskara dikenakan.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengenakan riasan dalam jumlah banyak, alias tebal, tak digemari semua perempuan. Kebanyakan justru menyukai riasan natural, namun dengan efek yang tak kalah menariknya.

Ini berlaku pula dalam urusan bulu mata. Bulu mata yang tebal dan lentik adalah kebutuhan setiap perempuan selama sepanjang tahun.

Seperti dikutip dari Dailymakeover, berikut langkah untuk mendapatkan bulu mata sempurna secara alami tanpa harus menghabiskan waktu menempel bulu mata palsu atau memasang ekstension bulu mata.

1. Alat pengeriting bulu mata adalah keharusan

Sonia Kashuk, penata rias sekaligus pendiri Sonia Kashuk Beauty, mengatakan pengeriting bulu mata adalah kunci mendapatkan bulu mata yang memikat. ''Pastikan memilih alat yang menghasilkan bulu mata lentik ke atas, serta dilengkapi alat untuk menekan bulu mata dengan lembut dan bergerak dari bagian dasar bulu mata ke atas demi hasil maksimal,'' papar dia.

Sonia mengingatkan pula untuk selalu mengeritingkan bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara, bukan setelahnya. Ketika belum terkena apa-apa, bulu mata lebih lemas sehingga mengeritingkannya tidak terlampau merusak bulu mata.

2.Berikan sedikit waktu antartiap pulasan maskara

Bersabarlah saat mengulas setiap lapisan maskara. ''Memberikan sedikit waktu diantara tiap pulasan maskara akan membiarkan maskara 'jadi' dan membangun lapisan yang tepat, bukan hanya menimbulkan gumpalan maskara,'' kata Sonia.

3. Gunakan sisir maskara

Hindari gumpalan-gumpalan di bulu maskara setelah mengulaskan maskara. ''Sisir dari metal khusus maskara bisa digunakan. Caranya, pulas maskara, tunggu beberapa saat, sisir bulu mata, lalu gunakan lapisan maskara berikutnya,'' katanya menyambung.

4. Jangan gunakan maskara yang berbeda-beda

Sonia mengaku tidak akan menyarankan penggunaan maskara yang berbeda-beda untuk setiap pulasan maskara. ''Maskara yang berbeda bisa jadi tidak akan tercampur baik dan malah akhirnya menggumpal,'' kata Sonia.

5. Lembabkan dan rawat bulu mata rutin

Seperti rambut, bulu mata membutuhkan perawatan. Pelembab bulu mata bisa digunakan untuk merawatnya. Gunakan pula krim untuk mempercepat bulu mata tumbuh. ''Sehingga menstimulasi siklus pertumbuhan bulu mata, menjadikannya lebih panjang, hingga bulu mata lebih tebal pula,'' kata Dr Elizabeth Tanzi, co-director  Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement