Selasa 02 Sep 2014 13:10 WIB

Perokok Berat dan TBC

Sehat tanpa rokok
Foto: Republika/Prayogi
Sehat tanpa rokok

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya seorang perokok berat. Sehari sebungkus rokok saya habiskan dan ini sudah sejak SMA. Sekarang saya mulai terasa batuk yang tidak kunjung berhenti. Saat ini sebenarnya sudah berkurang merokoknya.  Apakah rokok bisa jadi penyebab TBC?

Ridwan (36 tahun)

Jawaban :

Salam Mas Ridwan, terima kasih banyak atas pertanyaannya. Rokok bukan penyebab TB (penyebab TB adalah kuman Mycobacterium tuberculosis), namun karena merokok dapat merusak struktur dinding saluran napas, hal tersebut akan mempermudah terkena penyakit TB.

Selain itu, dampak dari merokok juga dapat menimbulkan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), menyebabkan penyakit kanker paru dan bronkitis kronis. Di luar paru , rokok juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, darah tinggi, impotensi dan sebagainya.

Jadi jika Mas Ridwan sudah cukup lama merokok (lebih dari 15 tahun) dan banyaknya 10 batang atau lebih per hari, bisa jadi sudah mulai menuai hasil dari paparan asap rokoknya. Gejala yang dirasakan saat ini tentu saja berkaitan dengan penyakit atau kelainan di paru, untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan foto dada dan pemeriksaan lain yang diperlukan agar pengobatan yang diberikan tepat sesuai penyakitnya.

Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

dr. Zubaedah, Sp.P , MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement