Senin 01 Sep 2014 12:58 WIB

Dubes Norwegia Pilih Bersepeda ke Kantor

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Sepeda. Ilustrasi
Foto: eweb4
Sepeda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Duta Besar Kerajaan Norwegia di Jakarta, Stig Traavik hampir setiap hari memilih menggunakan sepeda ketimbang mobil saat beraktifitas ke kantornya.

"Dari dulu saya memang gemar bersepeda karena sudah menjadi kebiasaan dan terus dijaga sampai kini. Mengingat masyarakat Norwegia terbiasa bersepeda," kata Dubes Traavik di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (1/9).

 Dubes Stig menarik perhatian wartawan karena ada sepeda diikat dibelakang mobil dinasnya yang diparkir di halaman Istana Wapres. Mengendarai sepeda di Jakarta, ujarnya, juga dalam upaya mengurangi polusi yang saat ini sudah pekat di ibukota.

Dubes merasa aman dan nyaman berkendara sepeda dari rumah ke kedutaan besar sekalipun Jakarta tidak memiliki jalur khusus untuk sepeda sehingga harus berbaur dengan kendaraan bermotor lainnya.

"Cuaca di Jakarta dan Norwegia memang sangat berbeda. Di Jakarta sangat panas tapi di Norwegia dingin, namun kondisi itu tidak membuat saya tidak bersepeda di sini," katanya.

Dia mengusulkan agar Pemerintah Daerah Jakarta bisa menyiapkan jalur bersepeda agar masyarakat makin gemar bersepeda saat menuju tempat kerjanya.

"Memang butuh investasi untuk bangun jalur sepeda. Itu akan baik bisa mengurangi masyarakat menggunakan kendaraan bermotor yang pada akhirnya mengurangi polusi," kata Dubes Stig.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement