Kamis 14 Aug 2014 19:42 WIB

Mentimun LED di Jepang Bisa Bersinar dalam Gelap

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Mentimun LED
Foto: rocketnews24.com
Mentimun LED

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Seorang netizen di Jepang mengunggah sebuah foto online di sebuah forum internet dan membuat heboh pembaca. Sebab, foto itu adalah mentimun yang bisa bersinar dalam gelap sehingga disebut mentimun LED.

Ratusan netizen membahas kemungkinan darimana pendar misterius itu berasal. Spekulasi berkisar, mulai dari olok-olokan ringan yang memintanya supaya hati-hati, hingga kekhawatiran yang lebih serius akan adanya radiasi. Bagaimana menurut Anda fenomena unik ini?

"Itu tandanya mentimunnya bagus. Ada beberapa informasi yang mengatakan mentimun acar yang berkualitas baik akan bersinar dalam gelap," ujar seorang netizen, dilansir dari RocketNews24, Kamis (14/8).

Netizen lainnya ada yang menduga jika mentimun itu terpapar pestisida yang sangat banyak. Ada juga yang kagum dengan penemuan unik itu.

Sehari setelah memosting foto uniknya, si pemilik mengonfirmasikan bahwa cahaya di air rendaman mentimun LED mulai memudar. Dia pun membawa mentimun itu ke petugas Dinas Kesehatan setempat.

Setelah menjalani pengujian klinis pada sayuran tersebut, mentimun LED itu diduga mengandung bakteri luminescent yang bisa menghasilkan cahaya. Netizen lainnya menduga bahwa mentimun itu mengandung air asing. Ion natrium bertindak sebagai konduktor. Jika dialiri arus listrik, maka dia bisa bersinar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement