Selasa 12 Aug 2014 10:30 WIB

12 Cara Hewan Peliharaan Bisa Meningkatkan Kesehatan Manusia (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Aneka macam hewan peliharaan
Aneka macam hewan peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda pulang dan disambut oleh anjing atau kucing kesayangan, seolah beban pekerjaan yang Anda jalani sehari penuh hilang seketika. Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang, baik itu fisik maupun mental.

"Hewan sering memberi tanpa syarat dan dia selalu mencintai Anda," kata Kepala Medis di Boynton Health Service, University of Minnesota, Gary A Christenson, dilansir dari HealthDay News, Selasa (12/8). ROLers, berikut adalah 12 cara hewan bisa meningkatkan kesehatan Anda.

9. Hewan tingkatkan kualitas hubungan

Pasangan dewasa muda yang mempunyai ikatan mendalam dengan hewan peliharaan yang sama akan lebih terhubung satu sama lain dibandingkan mereka tidak memiliki hewan peliharaan. Pemilik hewan cenderung mengambil peran kepemimpinan dan percaya diri juga muda berempati. Ini adalah sifat-sifat positif yang diperlukan untuk hubungan yang berkualitas.

10. Hewan memantau perubahan kesehatan

Hewan sangat sensitif pada perilaku pemiliknya. Ini sangat berguna bagi penderita diabetes. Beberapa hewan bisa mengurangi kadar gula darah pemiliknya. Anjing berlatih untuk menangkap perubahan aroma dan mereka bisa dilatih untuk mendeteksi itu, menurut Kepala Dokter Hewan di Human Society of West Michigan, Christopher Buckley. Anjing bisa merasakan kadar gula darah pemiliknya sudah berkurang atau justru meningkat.

11. Hewan tingkatkan harga diri

Hewan tidak menghakimi dan tidak peduli bagaimana dan siapa Anda. Mereka mencintai pemiliknya tanpa syarat. Itulah mengapa hewan akan meningkatkan harga diri pemiliknya. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki rasa harga diri yang tinggi karena perasaan memiliki dan eksistensinya sebagai pemilik dari hewan kesayangannya.

12. Hewan dekatkan anggota keluarga

Apakah Anda pernah mendapati anak-anak Anda bermain bersama kucing atau anjing Anda dengan gembira dan bersama-sama? Ya, itu adalah tanda bahwa hewan bisa mendekatkan hubungan antara anggota keluarga. Hewan bisa menjadi jembatan penting di keluarga. Seringkali cucu memiliki waktu yang sulit untuk berbicara dengan neneknya, sehingga hewan peliharaan bisa menjadi perantara yang memberikan topik nyaman untuk memulai percakapan.

Dari hewan peliharaan juga anak-anak berpengalaman untuk belajar bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik. Mereka juga belajar memberi perhatian, dan bertanggung jawab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement