Selasa 12 Aug 2014 10:15 WIB

12 Cara Hewan Peliharaan Bisa Meningkatkan Kesehatan Manusia (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Anjing salah satu hewan peliharaan
Anjing salah satu hewan peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda pulang dan disambut oleh anjing atau kucing kesayangan, seolah beban pekerjaan yang Anda jalani sehari penuh hilang seketika. Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang, baik itu fisik maupun mental.

"Hewan sering memberi tanpa syarat dan dia selalu mencintai Anda," kata Kepala Medis di Boynton Health Service, University of Minnesota, Gary A Christenson, dilansir dari HealthDay News, Selasa (12/8). ROLers, berikut adalah 12 cara hewan bisa meningkatkan kesehatan Anda.

5. Hewan kurangi risiko penyakit kardiovaskular

Hewan itu bisa menurunkan kolesterol, stres, tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Itu teori yang didukung oleh Asosiasi Jantung Amerika. Pada 2013, asosiasi mencatat banyak peneliti yang menguji efek dari kepemilikan hewan. Hasilnya, seseorang yang memiliki teman berbulu sering mengalami peningkatan kualitas hidup.

6. Hewan cegah alergi pada anak

Jika Anda memiliki hewan peliharaan sejak anak-anak, maka Anda beruntung. Dalam sebuah penelitian di Journal of Clinical & Experimental Allergy, anak-anak yang sudah mengenal hewan peliharaan sebelum mereka berusia enam bulan mungkin akan terkena penyakit alergi, seperti demam, dan eksim. Namun, setelah itu, mereka akan mengalami peningkatan kualitas organ tubuh. Ini akan mengurangi risiko si anak terkena asma dan eksim.

7. Hewan ringankan depresi

Hewan dapat memberi dukungan sosial bagi pemiliknya. Studi di British Psychological Society menemukan bahwa anjing terutama meningkatkan kesejahteraan terapi dan psikologis, menurunkan tingkat stres, meningkatkan harga diri, serta otonomi dan kompetensi. Hewan memberikan fokus positif pada pemiliknya.

Ikatan mereka juga bahkan lebih kuat. Ketika Anda depresi, hewan peliharaan Anda bisa merasakannya dan dia akan memperhatikan Anda. Mereka memberikan cinta tanpa syarat untuk Anda.

8. Hewan ringankan sakit kronis

Hewan mengeluarkan hormon endorfin yang menghilangkan rasa sakit pada tubuh Anda. Bahkan, para peneliti di Loyola University Chicago menemukan bahwa orang yang menjalani operasi penggantian sendi menggunakan obat konvensional, masa penyembuhannya lebih lama ketimbang mereka menggunakan terapi hewan peliharaan. 

American Journal of Critical Care Study menemukan bahwa pasien rawat inap untuk gagal jantung mengalami perbaikan cardio lebih cepat ketika mereka dikunjungi rutin oleh seekor anjing. Tugas sederhana untuk merawat hewan peliharaan bisa mengurangi sakit kronis yang Anda derita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement