Selasa 12 Aug 2014 10:00 WIB

12 Cara Hewan Peliharaan Meningkatkan Kesehatan Manusia (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Hewan peliharaan ternyata bisa meningkatkan kesehatan pemiliknya
Hewan peliharaan ternyata bisa meningkatkan kesehatan pemiliknya

REPUBLIKA.CO.ID,  Ketika Anda pulang dan disambut oleh anjing atau kucing kesayangan, seolah beban pekerjaan yang Anda jalani sehari penuh hilang seketika. Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang, baik itu fisik maupun mental.

"Hewan sering memberi tanpa syarat dan dia selalu mencintai Anda," kata Kepala Medis di Boynton Health Service, University of Minnesota, Gary A Christenson, dilansir dari HealthDay News, Selasa (12/8). ROLers, berikut adalah 12 cara hewan bisa meningkatkan kesehatan Anda.

1. Hewan turunkan kolesterol

Jika Anda memiliki anjing, maka setidakny Anda akan mengajak mereka jalan-jalan dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu menjaga kolesterol Anda sebab Anda ikut bergerak bersama anjing kesayangan Anda.

Direktur Peneliti di Pusat Penelitian Interaksi Hewan dan Manusia di University of Missouri College of Veterinary Medicine, Rebecca A Johnson mengatakan bahwa pria yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida lebih rendah.

2. Hewan hilangkan stres

Anda cukup berada di kamar bersama hewan kesayangan Anda maka itu akan memberi efek menenangkan. Johnson mengatakan, neurokimia dan oksitoksin dilepaskan ketika seseorang melihat hewan peliharaannya dan itu membawa perasaan bergembira. Ini juga disertai penurunan kortisol atau hormon stres.

Johnson meneliti seorang lansia yang tidak bisa meninggalkan rumah tanpa istrinya. Ketika dia memiliki hewan peliharaan seekor anjing, maka dalam waktu kurang dari sepekan dia berani berjalan keluar keliling kota.

3. Hewan kurangi tekanan darah

Anjing atau kucing bisa menurunkan tekanan darah. Para peneliti di the State University of New York at Buffalo menemukan fakta bahwa orang yang sudah minum obat untuk hipertensi, stres tekanan darah mereka berkurang hingga setengahnya setelah mereka memiliki kucing atau anjing.

4. Hewan tingkatkan kebugaran

Anjing adalah teman terbaik untuk berjaan-jalan. Studi di University of Missouri menunjukkan bahwa memelihara seekor anjing walkers bisa meningkatkan kebugaran responden. Sebuah studi terpisah menunjukkan bahwa orang yang menjadi pemilik anjing bisa berjalan kaki rata-rata 300 menit per pekan, jauh dibandingkan orang-orang yang tidak mempunyai hewan kesayangan yang hanya 168 menit per pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement