Selasa 22 Jul 2014 20:17 WIB

Bagaimana cara menitipkan hewan di RSH IPB ?

Hobi memelihara kucing
Foto: Republika/Prayogi
Hobi memelihara kucing

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tak banyak orang tau penitipan hewas yang aman dan profesionnal. Ruah Sakit Hewan IPB adalah salah satu solusinya. Lalu bagaimana cara menitipkan hewan perilahan itu?

Pemilik dapat menghubungi nomor telepon 0251-8425503 (Rumah Sakit Hewan IPB). Petugas akan menginformasikan bagaimana prosedur penitipan.  Pada saat hewan dibawa ke RSH IPB, akan dilakukan pemeriksaan awal oleh dokter hewan yang bertugas. Ada dua kondisi yang dapat diketahui pada pemeriksaan awal ini  yaitu hewan dalam kondisi sehat atau sakit.  Bila hewan dalam kondisi sehat maka dapat langsung diterima untuk dititipkan. 

Bila hewan dalam kondisi sakit maka dokter hewan akan memberikan penjelasan bahwa hewan memang sedang sakit dan harus dilakukan terapi.  Bila hewan yang sakit tetap ingin dititipkan maka prosedur yang ditempuh adalah sebagai pasien rawat inap.

Selama hewan dititipkan, setiap hari akan diberikan servis kebersihan, makanan, air minum, dan pemeriksaan rutin oleh dokter hewan.  Biaya penitipan per hari akan disesuai dengan jenis hewan; misal untuk anjing, biaya  akan dihitung berdasarkan berat badan dan jumlah makanan yang dibutuhkan.  Bila penitipan dilaksanakan lebih dari satu minggu, akan diberikan tambahan servis mandi untuk menjaga kesehatan kulit. 

Seperti diketahui bahwa ada beberapa fasilitas yang ada di RSH IPB sebagai Rumah Sakit Hewan Pendidikan dan sebagai Unit Penunjang Akademik.  Berdasarkan tugas pokok dan fungsi,  RSH IPB dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya kandang untuk beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing, domba, sapi, dan kuda.  Harapan dari kegiatan penitipan ini adalah membantu pemilik hewan dalam pemeliharaan selama lebaran. 

“Selama dititipkan, akan dilakukan monitoring kesehatan oleh dokter hewan. Kami juga berusaha supaya hewan tersebut merasa aman, cukup nutrisi, tidak stress sehingga tetap dapat melakukan aktifitas harian sesuai dengan behavior, " ujar Ekowati Handharyani, guru Besar Fakultas Kedokteran IPB, dalam siaran persnya kepada ROL, Selasa (22/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement