Rabu 16 Jul 2014 22:37 WIB

Duh....Mantan Pendamping Presiden Prancis Ternyata Boros

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Maman Sudiaman
Valérie Trierweiler
Foto: AFP
Valérie Trierweiler

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Audit resmi mengungkapkan mantan pendamping Presiden Prancis, Valérie Trierweiler menghabiskan belanja dan pengeluaran hampir 500 ribu euro hanya untuk tugas resmi dan biaya perjalanan. Angka ini jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya.

Audit belanja istana pada 2013 menemukan data bahwa Trierweiler menggaji lima orang staf pribadinya dengan pengeluaran sekitar 396.900 euro. Biaya perjalanan dari mantan kekasih Presiden Francois Hollande ini untuk tugas resmi dan perjalanan misi kemanusiaan mencapai 85 ribu euro.

Dilansir dari the Guardian, Rabu (16/7), Trierweiler juga mempekerjakan empat pengawal pribadi. Dia juga tinggal di sebuah hunian dan kantor mewah di Paris Mansion. Padahal, Trierweiler tidak resmi menyandang status Ibu Negara menurut konstitusi Prancis, sebab dia sama sekali belum menikah dengan Hollande. Keduanya resmi berpisah tahun ini.

Hollande mengakhiri hubungan tujuh tahunnya dengan Trierweiler yang seorang jurnalis itu. Hal ini terjadi setelah sebuah majalah gosip mengungkapkan bahwa dia berselingkuh dengan seorang aktris bernama Julie Gayet.

Belanja dan pengeluaran Trierweiler  bahkan lebih tinggi dari Carla Bruni, Ibu Negara Prancis terdahulu dari Presiden Nicolas Sarkozy. Pada 2012, Sarkozy dikecam akibat pengeluaran istrinya yang super boros, berujung pada kekalahannya dari Hollande.

Pada Mei tahun lalu, Trierweiler terdata mengaji lima orang pembantunya sebesar 19.742 euro per bulan. Ini setara dengan gaji delapan orang staf biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement