Ahad 08 Jun 2014 08:36 WIB

Tips Ajarkan Anak Tentang Uang

Rep: c73/ Red: Muhammad Hafil
Ibu dan anak
Foto: Antara
Ibu dan anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seringkali para orang tua mengabaikan hal terpenting untuk menyiapkan keuangan yang cerdik. Untuk mengatur keuangan bagi masa depan anak anda, Pakar Keuangan Pribadi sekaligus penulis buku 'Raising Financially Confident Kids', Mary Hunt, menawarkan anda beberapa tips. 

Berikut beberapa tips yang bisa dan jangan anda lakukan dalam mengajari anak tentang uang, seperti dilansir dari Forbes , Ahad (8/6).

1. Lakukan model perilaku keuangan yang baik

Pada dasarnya, anak seringkali mencontoh apa yang anda lakukan, ketimbang yang anda ucapkan. Karena itu, yakinkan bahwa anda memperlihatkan filosofi dan perilaku keuangan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari anda.

2. Jangan katakan "kita tidak sanggup membeli"

Untuk mengajari anak menghabiskan uang secara pintar, Hunt mengingatkan untuk tidak mengatakan 'kita tidak sanggup membeli itu'. Ungkapan tersebut dapat membuat anak khawatir, dan berpikir keluarga tengah dalam kesulitan finansial. Tetapi, Hunt menyarankan anda untuk mengatakan 'kita memilih untuk tidak menghabiskan uang dengan cara itu'.

3. Libatkan anak dalam belanja keperluan rumah tangga

Biarkan anak anda memegang list belanjaan anda. Gunakan kesempatan ini, untuk menceritakan pada anak tentang perencanaan dan menghemat uang. 

 

4. Jangan terlalu sering mengajak anak berbelanja, untuk sekedar kesenangan belaka. Karena itu menurut Hunt, dapat mendorong sikap konsumtif pada anak. 

5. Sesekali, bawalah anak ke Bank bersama anda. 

Kegiatan ini untuk memperlihatkan pada anak bagaimana cara Bank bekerja, dan mendorong anak melayangkan pertanyaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement