Kamis 05 Jun 2014 07:59 WIB

Pacu, Jenis Ikan Bergigi Manusia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Ikan Pacu
Foto: Amusingplanet.com
Ikan Pacu

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pacu adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan dan ditemukan di sebagian besar sungai di lembah Amazon dan dataran rendah Orinoco Amazonia. Mereka juga dilaporkan bisa ditemukan di Papua Nugini dan akhirnya dibudidayakan oleh peternak lokal.

Pacu sebetulnya sejenis piranha pemakan daging, termasuk ke dalam subfamili Serrasalminae. Piranha adalah spesies karnivora, sedangkan pacu adalah omnivora atau pemakan segala. Piranha memiliki gigi-gigi yang runcing dan tajam, sedangkan pacu memiliki gigi-gigi tebal yang menakutkan, sebab sangat mirip dengan gigi manusia.

Pacu menggunakan gigi-giginya untuk menghancurkan kacang-kacangan dan buah-buahan, namun kadang mereka juga makan ikan dan hewan invertebrata lainnya. Mereka biasanya makan buah-buahan dan kacang-kacangan yang jatuh dari pepohonan di pinggir perairan Amazon. Dalam beberapa kesempatan, ikan ini pernah dilaporkan menyerang alat kelamin perenang pria di Brasil, Denmark, atau Papua Nugini.

Pacu bukanlah karnivora agresif seperti piranha, namun sistem rahang mereka sangat berbahaya. Seorang balita harus menjalani operasi setelah seekor pacu menggigit jari mereka di Edinburh Butterfly and Insect World di Skotlandia. Manajer Museum Zoologi Deep Sea World, Matthew Kane memperingatkan pengunjung.

"Pacu memakan apa saja, termasuk jari anak-anak," ujar Kane, dilansir dari Amusing Planet, Kamis (5/6).

Pacu termasuk ikan yang legal dimiliki di Amerika Serikat. Ikan ini bsia dibeli di toko-toko akuarium dan mudah dipelihara. Masalahnya adalah banyak pemilik akuarium yang tak menyadari bahwa pacu bisa tumbuh hingga empat meter. Artinya, ikan ini terlalu besar untuk sebuah kotak akuarium.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement