Rabu 14 May 2014 15:19 WIB

Gardala, Superhero Pembela Pancasila

Djoko Santoso
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Djoko Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak Indonesia boleh berbangga karena saat ini memiliki tokoh "superhero" sendiri, yakni "Suparamawira Gardala" atau Gardala. Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purnawirawan) Djoko Santoso selaku menjelaskan bahwa Gardala merupakan perwujudan dari Garuda Pancasila yang terdiri atas gabungan antara lambang kekuatan bangsa dan dasar negara Indonesia.

Djoko menegaskan bahwa Pancasila itu merupakan dasar yang diyakini sebagai pemersatu dan mempererat perbedaan Indonesia. Dalam hal ini Pancasila tidak hanya dihafalkan, tetapi harus benar-benar diamalkan nilai-nilainya.

"Film ini sebagai wujud untuk meneruskan cita-cita Pancasila pada generasi penerus Indonesia," kata Djoko yang juga sebagai "Executive Producer" film Suparamawira Gardala. Djoko Santoso menambahkan bahwa film itu rencananya ditayangkan di sejumlah stasiun televisi.

Djoko Santoso mengatakan bahwa menurunnya pemahaman akan nilai-nilai luhur Pancasila membuat prihatin banyak orang. Atas dasar itu, menurut dia perlu adanya revitalisasi pemahaman soal keluhuran Pancasila. "Upaya itu kami coba wujudkan melalui produksi film berjudul Suparamawira Gardala ini," kata dia.

Mantan Panglima TNI ini menekankan bahwa Pancasila penting sebagai karakter bangsa dan dipilihnya film superhero Gardala untuk mengamalkan nilai Pancasila memiliki cerita tersendiri.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement