Sabtu 26 Apr 2014 01:31 WIB

Nidji Tasbihkan Diri Sebagai 'King of Soundtrack'

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Bilal Ramadhan
Nidji
Foto: Citilink
Nidji

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah sukses mengisi soundtrack film ‘Laskar Pelangi’ pada tahun 2008 silam, grup band Nidji mengukuhkan posisinya sebagai band spesialis pengisi soundtrack. Dengan beberapa kali menunjukkan kemampuan mereka menggarap lagu tema alias soundtrack dari sebuah film.

Baik itu film produksi dalam maupun luar negeri. Sebut saja film ‘Sang Pencerah’ (Tuhan Maha Cinta), ‘5 CM’ (lagu Di Atas Awan, 5 CM, Rahasia Hati, Tak Akan Pernah Mati), ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’ (lagu Sumpah dan Cinta Matiku, Terusir, dan Nelangsa) dan serial  tayangan internasional star world berjudul ‘Heroes’ (Heaven Breakthru dan Top Up).

Tak hanya filmnya yang sukses di pasaran dan menjadi box office di tahunnya. Deretan soundtrack yang  mereka tulis pun sukses di tangga lagu. Bahkan, soundtrack ‘Laskar Pelangi’ masih kerap terdengar di tangga-tangga lagu online, radio maupun televisi.

Melihat hal tersebut, band ini ingin mengumpulkan karya lagu-lagu tersebut dalam sebuah album. Album tersebut bertajuk ‘King of Soundtrack’. “Sayang banget punya 12 lagu soundtrack tapi nggak ada versi fisiknya. Album ini sangat spesial buat kita, karena punya cerita masing-masing saat kita membuatnya,” ujar sang vokalis Giring Nidji.

Pasalnya, menciptakan lagu soundtrack sangat berbeda dengan lagu album biasanya. Sebab, mereka (Nidji) kata Giring harus membuat lirik yang cocok dengan cerita dan music yang sesuai dengan gambar. Karena itu, sebelumnya harus membaca scenario, melihat preview roll dan gambar-gambar adegan filmnya. Hal itu dilakukan agar lirik lagu dan scooring musiknya bisa ‘masuk’ dan sesuai dengan setiap adegannya.

Sehingga, butuh waktu dan usaha yang cukup banyak untuk bisa menciptakan lagu soundtrack film. “Kita braindstorm dulu sebelum buat lagu, baca skenario dan cocokin sama gambar. Ketika semuanya cocok rasanya amazing,” jelas pria berambut keribo ini.

Namun usaha tersebut tidaklah sia-sia. Sebab, dengan  kesuksesan Nidji menciptakan lagu-lagu soundtrack film. Membuat band yang terbentuk tahun 2002 silam ini menjadi ‘king of Soundtrack’ dan dipercaya mengisi soundtrack film-film lainnya.

Hingga proses penggarapan album baru band pelantun ‘Shadow’ inipun harus tertunda. Karena sekarang  ini, Nidji mengaku sedang sibuk membuat soundtrack untuk empat film baru. Di mana, salah satunya adalah film produksi luar negeri.

“Untuk album kita belum tahu kapan, soalnya sekarang lagi sibuk ngerjain pesanan soundtrack empat film baru,”kata gitaris Nidji Ariel.

Band beranggotakan enam orang ini merasa tersanjung masih dapat dipercaya oleh para sineas film untuk membuat lagu-lagu soundtrack sebuah film. Oleh sebab itu, Nidji menilai bahwa album ini sangat special sepanjang karir mereka.

Terlebih pada tanggal 17 Mei 2014 mendatang, Nidji berkesempatan untuk konser tunggal album soundtracknya. Merekapun berharap dapat melakukan konser special soundtrack film ini diseluruh kota di Indonesia.

“Album ini warisan buat anak cucu kita. Mudah-mudahan juga bisa menjadi soundtrack hidup para penggemar,” tutup Giring. Berikut track list albumnya:

·         Sumpah Dan Cinta Matiku

·         Teroesir (Menunggu Karma)

·         Diatas Awan

·         Rahasia Hati

·         Hidup Tanpa Cintamu

·         Heaven

·         Nelangsa

·         Tuhan Maha Cinta

·         5 CM

·         Shadows

·         Tak Akan Pernah Mati

·         Laskar Pelangi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement