Senin 31 Mar 2014 23:21 WIB

Misi Opera Bertemakan Rasulullah SAW

Rasulullah
Foto: fold3.com
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID,  SHARJAH -- Banyak cara untuk mengenalkan sosok mulia, Nabi Muhammad SAW.  Salah satunya melalui medium opera.

Untuk kali pertama, kisah Rasulullah SAW masuk dalam tema opera di Sharjah, Uni Emirat Arab. " Nabi Muhammad SAW merupakan aspek penting dalam peradaban Islam. Prilaku dan teladan beliau menjadi dialog dan pemahaman terhadap ajaran Islam," ucap Sheikh Sultan bin Muhammed Al Qasimi, Emir Sharjah, seperti dilansir surat kabar Emirati, The National, Ahad (31/3).

Opera bertajuk 'Cluster of Light" ini dipimpin oleh Abdul Rahman Al-Asymawi, penyair Arab. Ia dibantu koleganya, musisi Bahrain, Khalid Al-Shaikh. Keduanya berkolaborasi dalam setiap babak opera yang terdiri dari awal turunnya wahyu pertama, sejarah Isra dan Miraj, kisah hijrah dan ditutup meninggalnya Rasulullah.

Yang menarik pertunjukan itu memberikan pemahaman yang lain dari biasanya bagi penonton non-Muslim. "Saya melihat sosok, yang kami lihat hanya direpresentasikan dengan cahaya. Kami jadi tahu seperti apa sosok Nabi Muhammad," ucap Lindsay, ekspatriat yang menyaksikan pertunjukan tersebut.

Shepperd, penonton lainnya,  mengatakan banyak kesalahpahaman dapat diluruskan dengan adanya pertunjukan opera ini. Seperti misal, isu perempuan. "Acara ini sangat baik untuk meluruskan apa yang disalahpahami dalam ajara Islam, kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement