Ahad 30 Mar 2014 14:31 WIB

Merantau dari Jatim, Mahasiswa Ini Sukses di Bandung

Rupiah
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Winda Iriani, mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sukses mengembangkan bisnis penganan berbahan dasar singkong di Kota Kembang, Jawa Barat.

"Awalnya omzet bisnis saya dengan merek Nyonya Alisha ini hanya Rp200 ribu dan sekarang sudah mencapai Rp12 juta per bulan dan insya Allah akan terus berkembang," kata Winda di Bondowoso, Minggu.

Bisnis penganan jenis legit singkong itu adalah brownies campuran cokelat dan berbagai varian lainnya. Berkat rintisan usahanya, lulusan SMA Negeri Tenggarang, Bondowoso, itu, menjadi juara Wirausaha Mandiri tingkat Jawa Barat dan penghargaan Perwira Muda Award (penghargaan wirausahawan) dari Gubernur Jabar, baru-baru ini.

"Untuk ke depan kami merencanakan meluaskan produk dengan bahan dasar dari tepung mocaf dan mengganti terigu sebagai bahan utama. Kami juga akan membuat pabrik mocaf," katanya.

Gadis yang juga dikenal sebagai penulis dan telah menerbitkan sejumlah buku itu juga berencana mengembangkan usaha di daerah asalnya Bondowoso yang dikenal sebagai penghasil singkong. Selama ini singkong Bondowoso hanya dikenal dengan produk tapai.

Menurut Winda, konsumen produk penganan buatannya adalah para ibu dan mahasiswa. Panganan lokal modern berbasis singkong itu juga dinilai cocok dimakan oleh bayi dan penderita autis. Ditambah lagi dengan seratnya yang tinggi, membuat legit singkong aman dikonsumsi oleh orang berdiet.

"Masa depan legit singkong atau pun tepung mocaf tampak cerah bersinar, melihat sumber daya singkong yang melimpah di Indonesia dan kebijakan pemerintah yang nantinya akan mendukung penuh diversifikasi pangan lokal," katanya.

Selain lezat, legit singkong, katanya, juga bernutrisi tinggi. Beberapa varian rasa disediakan dari produk tersebut, dengan cokelat yang rasa asli. Rasa cokelat ini berkhasiat menghilangkan stres, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah terserangnya penyakit jantung, dan menghambat penuaan.

"Apalagi dengan bahan 100 persen tepung mocaf yang tinggi serat bisa melancarkan pencernaan. Untuk yang rasa keju, kejunya berkhasiat melindungi gigi dari karies, mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan perlindungan dari infeksi, serta membantu pertumbuhan gigi dan tulang," ujarnya.

Untuk Kandungan pandan dapat mengatasi lemah syaraf, menurunkan tekanan darah tinggi, dan juga mengurangi stres. Rasa stroberi mengandung vitamin C yang bisa melindungi mata dari sinar matahari, juga mencegah keriput dan memperbaiki sel kulit rusak, makanan super untuk otak, menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement