Kamis 27 Mar 2014 13:06 WIB

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Film Nasional ke-64

Mari Elka Pangestu
Foto: Antara
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal 30 Maret mendatang akan diperingati sebagai Hari Film Nasional ke-64. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk menyambut harinya insan film Indonesia tersebut. 

Kegiatan berupa roadshow, orasi sinema, diskusi film dan pelatihan akting akan digelar mulai dari 27 Maret hingga 4 April 2014 di sejumlah kota. 

"Ini momentum baik untuk memaknai film nasional tidak boleh mati," ujar Ketua Badan Perfilman Indonesia Alex Komang dalam jumpa pers Hari Film Nasional, Rabu (26/3), di Jakarta. 

Alex mengatakan, rangkaian acara dibuat sedemikian rupa untuk mengenang dan memaknai heroisme, merayakan bebebasan berkreasi, dan mengingat betapa pentingnya integritas dalam perfilman Indonesia. 

"Semangat semacam itulah yang kita harapkan terus dipelihara oleh seluruh insan perfilman Indonesia saat ini," ujar Alex. 

Di kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, Hari Film Nasional harus dijadikan momentum bagi seluruh insan dan pemangku kepentingan perfilman Indonesia untuk bersama-sama merefleksikan apa yang telah dicapai dalam 64 tahun. 

"Ini bukan sekadar perayaan yang dilakukan terus menerus, tapi harus jadi momentum untuk menjadi refleksi apa yang kita telah capai selama 64 tahun," ujar Mari Elka Pangestu. 

Hari Film Nasional juga harus dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki berbagai aspek dalam perfilman. Dan yang tak kalah penting adalah membangkitkan apresiasi dan kebanggaan penonton terhadap film Indonesia. 

"Kita harus mengampanyekan bagaimana kita bangga dan 100 persen cinta film Indonesia," kata Mari. 

Berikut rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Film Nasional ke-64. 

1. Orasi dengan tema Film Indonesia dan Identitas Nasional dalam Kondisi Paska Nasional dengan pembicara Dr Seno Gumira Ajidarma. 

Orasi akan digelar pada Kamis 27 Maret 2014 pukul 18.00 di Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia Lantai 8. 

2. Roadshow dan diskusi film 9 Summer 10 Autums dan Sagarmatha bersama sutradara dan artis pendukung. 

Dua acara tersebut akan digelar pada Kamis 27 Maret di Semarang dan Banjarnegara. 

3. Pemutaran dan diskusi fdilm serta pelatihan singkat pemeranan oleh aktor dan aktris Rumah Aktor Indonesia (RAI) yang akan digelar di 7 SMP/SMA se-Jabotabek mulai 27 Maret-4 April. 

4. Ziarah dan tabur bunga ke makam Sofia W.D dan Usmar Ismail yang dilanjutkan acara syukuran di Gedung Sapta Pesona, pada Ahad 30 Maret. 

5. Diskusi Film dengan menghadirkan pembicara Talo Spinelli, Asiatica Gilm Mediale (Roma) dan Garin Nugroho. Diskusi akan digelar pada 1 April pukul 15.00 WIB di Lounge XXI Club Djakarta Theater. 

6. Malam Puncak serta pemutaran film "Darah dan Doa" hasil restorasi. Acara akan digelar pada 1 April pukul 18.00 WIB di Djakarta Theater. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement