Ahad 02 Feb 2014 18:08 WIB

Musisi Jakarta Gelar Konser Amal untuk Sinabung

Warga menyaksikan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2).  (AP Photo)
Warga menyaksikan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2). (AP Photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sembilan pemusik asal Jakarta mengadakan konser amal untuk membangun toilet darurat bagi pengungsi bencana letusan Gunung Sinabung di Sumatra Utara.

"Awalnya rencana konser amal ini hanya melalui pesan 'whatsapp'. Namun ternyata kawan-kawan menyambutnya dengan antusias," kata vokalis grup musik Payung Teduh Muhamad Istiqomah saat konferensi pers di Jakarta, Ahad (2/2) sore.

Sejumlah grup musik yang berpartisipasi dalam konser bernama "Singing Toilet" tersebut seperti Banda Neira, Bonita and The Hus Band, Endah n Rhesa, Float, Glenn Fredly, Payung Teduh, Sigmun, White Shoes and the Couples Company.

Konser yang diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Ahad (2/2) malam ini direncanakan mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. Para pengunjung konser yang ingin menikmati konser dikenakan donasi tanda masuk Rp 100 ribu.

Selain itu penonton juga dapat menyalurkan donasi pakaian bekas layak, popok, serta pembalut yang akan diberikan kepada pengungsi di Sinabung. "Masih banyak harapan bagi mereka dan kami akan membuat video konser amal ini yang akan diputar di pengungsian sehingga mereka tahu masih banyak saudara-saudara yang peduli," tambah Istiqomah.

Selain itu Sekretaris Umum Pengurus Harian Dewan Kesenian Jakarta Alex Sihar mengatakan para musikus yang berpartisipasi dalam konser tidak dibayar. "Syukur kawan-kawan musikus ini tidak ada yang dibayar, dan seluruh uang donasi akan langsung diberikan kepada korban pengungsi," kata Alex.

Ia menjelaskan donasi yang masuk melalui transfer bank hingga Ahad (2/2) sore pukul 16.00 WIB mencapai sekitar Rp 70 juta. Menurut Alex, dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membangun toilet darurat.

Alex mengatakan belum ada rencana akan melakukan konser amal lanjutan bagi korban bencana di wilayah lainnya. "Memang benar banyak juga bencana di wilayah lain, namun belum ada rencana kedepan untuk konser lanjutan," kata Alex.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyalurkan dana bantuan untuk pembangunan toilet dapat mengirimkannya ke Bank BRI dengan nomor rekening 0230.01.002622.30.4 atas nama Dewan Kesenian Jakarta dengan QQ Donasi Kemanusiaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement