Senin 27 Jan 2014 18:01 WIB

Dominasi Pendatang Baru di Grammy Awards 2014

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Julkifli Marbun
Grammy Awards 2014
Foto: newsportalng.blogspot.com
Grammy Awards 2014

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Musisi ternama dunia berkumpul di Staples Center, Los Angeles untuk menyaksikan perhelatan anugerah musik terbesar dunia, Grammy Awards 2014. Sejumlah wajah-wajah baru menghiasi nominasi untuk 82 kategori di ajang tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir Grammy kerap memberikan kejutan dengan menghadirkan pemenang dari sejumlah musisi pendatang baru untuk beberapa kategori.

Tahun ini, duo pendatang baru Macklemore & Ryan Lewis yang masuk di tujuh nominasi berhasil membawa pulang empat piala Grammy. Duo musisi beraliran rap tersebut berhasil mengalahkan Jay Z, Kendrick Lamar, Kanye West, dan Drake untuk kategori Bes Rap Album. Selain itu, mereka juga mengantongi penghargaan lain di kategori Best Rap Performance, Best Rap Song, dan Best New Artist.

"Kami membuat album ini tanpa label besar, dan kami memberikan apresiasi sangat besar untuk semua pihak yang telah mendukung," ujar Macklemore.

Sementara, penyanyi muda pendatang baru asal New Zealand, Lorde langsung membawa pulang dua penghargaan di Grammy pertamanya tersebut. Lewat debut singe-nya yang berjudul Royals, penyanyi berusia 17 tahun itu memenangkan kategori Song of The Year dan Best Pop Solo Performance.

Lorde telah mencatat sejarah sebagai penyanyi termuda yang memenangkan penghargaan Grammy untuk kedua kategori tersebut. Dalam ajang itu, Lorde mengalahkan sejumlah musisi ternama seperti Bruno Mars, Pink, dan Katy Perry. Lorde yang memiliki nama asli Ella Yelich O'Connor itu mengaku, tak pernah menyangka bisa langsung meraih sukses di awal meniti karir di dunia musik.

"Ini seperti perjuangan mental," ujarnya.

Selain itu, Daft Punk juga mendominasi perolehan Grammy untuk empat kategori yakni Best Dance/Electronica Album dan Engineered Album lewat albumnya Random Acces Memories. Sedangkan, single Get Lucky yang dinyanyikan bersama Pharrell Williams memenangkan dua kategori yakni Best Pop Duo/Group Performances dan Record of The Year. Single ini merajai puncak tangga lagu Billboard 100 dan menjadi hits teratas di berbagai belahan dunia.

Robin Thicke lewat single-ny Blurred Lines harus menerima kekalahan dengan legowo. Thicke yang berkolaborasi dengan Pharrell Williams dan T.I dalam single-nya harus bersaing ketat dengan Daft Punk. Pasalnya kedua single tersebut sama-sama laku keras dan menjadi hits di belahan dunia. Meskipun belum berhasil membawa pulang Grammy, namun Thicke sukses menghibur para tamu undangan yang hadir dengan lagu kontroversialnya itu.

Kejutan lain juga datang dari musisi rap ternama Jay Z yang meraih nominasi paling banyak dalam ajang Grammy tahun ini. Namun sayangnya, suami dari Beyonce tersebut harus puas mengantongi dua penghargaan saja untuk kategori Best Rap/Sung Collaboration lewat single Holy Grail yang berkolaborasi bersama Justin Timberlake dan Best Music Video lewat single Suit and Tie.

Bruno Mars mengulang sukses dengan meraih penghargaan melalui album terbarunya yakni Unorthodox Jukebox untuk kategori Best Pop Vocal Album. Penyanyi kelahiran Honolulu tersebut mempersembahkan penghargaan bagi ibundanya yang telah meninggal dunia pada tahun lalu. n.rizkyjaramaya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement