Sabtu 25 Jan 2014 15:27 WIB

Menjadi Donor Mata, Kado 50 Tahun Walikota Yogyakarta

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.
Foto: Antara/Regina Safri
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--''Bismillah, saya meniatkan diri  mendonorkan kornea saya untuk masyarakat. Kalau bisa khususnya masyarakat Yogyakarta yang saya cintai,''kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang melafazkan niatnya untuk menjadi calon donor mata di sela-sela acara Seminar Gerakan Jogja Bebas Buta Kornea di Ballroom Balai Kota Yogyakarta, Sabtu (26/1).

Dia mengaku sebelum berniat untuk mendonorkan kornea matanya, sudah berkonsultasi dulu tentang donor mata dari sisi agama  dan kesehatan. ''Harapan saya  sebagai donor mata  dari sisi agama clear dan dari medis kesaehtatan masyarakat paham,''kata dia  

Menurut dia, dari ajaran agama yang dia yakini itu sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat dan salah satunya adalah bisa menjadi donor kornea.  ''Ini sebagai wujud  rasa syukur  bahwa saya masih diberi kesempatan sampai hari ini bisa melihat, bisa berinteraksi secara nyata dengan dunia,''ungkapnya.

Di tahun 2014 ini Haryadi berusia 50 tahun. Karena itu dia mengatakan sebagai kado  di usianya yang ke-50 tahun, secara ikhlas berniat menjadi calon donor kornea mata. Tentu saja dia baru  bisa mendonorkan korneanya kelak bila sudah meninggal. Karena kornea hanya bisa didonorkan apabila seseorang sudah meninggal.

''Tentu saja kornea saya nanti akan saya donorkan bagi masyarakat dan tidak akan diperjualbelikan,''tutur suami  Ketua Jogja Eye Help Tri Kirana Muslidatun ini.  Saat  Haryadi disodori formulir pernyataan menjadi calon donor mata oleh salah seorang pengurus Bank Mata Cabang Yogyakarta dia  langsung menerima sambil berjanji  akan segera mengisi dan menyerahkan persyaratannya.

Isteri Haryadi yang dikenal dengan sapaan Ana Haryadi mengaku bersyukur suaminya berniat akan mendonorkan  korneanya. ''Alhamdulillah paling tidak pemimpin dari kota Yogya mengikhlaskan bagian dari anggota tubuhnya khususnya kornea, untuk masyarakat. Hal ini menjadi contoh yang  baik bagi masyarakat,''kata dia pada Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement