Kamis 23 Jan 2014 17:01 WIB

Zhang Ziyi Menang Gugatan Atas Pemberitaan Jual Diri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Zhang Ziyi
Foto: www.fanpop.com
Zhang Ziyi

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Aktris Hong Kong Zhang Ziyi memenangkan gugatan atas tuduhan tak berdasar yang diberitakan tabloid Hong Kong Apple Daily. Tabloid tersebut, pada 29 Mei 2012, menerbitkan artikel yang menyebutkan Ziyi pernah tidur dengan sejumlah pejabat Cina demi uang.

Apple Daily menyebut Ziyi 'menjual dirinya' untuk mantan pejabat senior, Bo Xiai yang menjadi berita utama atas skandal sebuah korupsi besar.

Dilansir dari Lollipop, Kamis (23/1), pada 31 Mei 2012, tabloid ini kembali merinci keterlibatan seksual Ziyi dengan sejumlah pengusaha kaya.

Bintang film 'Memoir of Geisha' itu disebut mendapat lebih dari 700 juta renmimbi selama 10 tahun terakhir atas kerjaan sampinganya itu.

Tidak terima dengan pemberitaan tersebut, Ziyi kemudian mengajukan tuntutan terhadap tiga perusahaan media.

Boxun, salah satu media, mencabut artikelnya dan meminta maaf kepada publik. Kasus Apple Daily dan majalah berikutnya kemudian diangkat ke Pengadilan Hong Kong pada 29 November 2013.

Kedua perusahaan media itu diberi waktu 21 hari untuk memberikan bukti dan kebenaran atas pemberitaannya itu. Jika tidak, maka Ziyi menang mutlak dan mereka dituntut 600 ribu dolar Hong Kong.

Pengadilan kemudian dilanjutkan pada 20 Januari 2014. Kedua media itu tidak bisa memberikan buktinya. Hakim akhirnya memenangkan Ziyi atas tuduhan pencemaran nama baik dan mendapatkan 390 dolar Hong Kong sebagai bayaran final atas kemenangannya itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement