Selasa 21 Jan 2014 06:01 WIB

USAID Bantu BPK Buat Film Pendek

USaid
Foto: us
USaid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pemeriksa Keuangan di Jakarta, Senin malam menyelenggarakan gala premiere tiga film pendek yang diinspirasi dari hasil pemeriksaan, sebagai sarana promosi dan edukasi kepada masyarakat.

Film yang masing-masing berdurasi sekitar 15 menit itu berjudul Uang Rujak Emak, Kertas Si Omas, dan Cerita Kami.

Film-film tersebut antara lain menampilkan artis Happy Salma, Ida Leman, dan Lukman Sardi.

Tema yang diangkat dalam film pendek ini diinspirasi dari hasil pemeriksaan BPK atas pelayanan ibadah haji, pengelolaan tenaga kerja Indonesia (TKI), dan bantuan operasional sekolah (BOS).

Uang Rujak Emak mencoba mengedukasi masyarakat agar memahami bahwa ada peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji.

Sementara Kertas Si Omas ingin menunjukkan agar masyarakat tidak menggunakan jalan pintas untuk mencapai tujuan. Aturan itu dibuat untuk melindungi.

Sedangkan Cerita Kami mengajak masyarakat bahwa mereka bisa melakukan pengawasan tata kelola keuangan negara.

Ketika meresmikan peluncuran film-film itu di Djakarta Theater, Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan film pendek ini akan menjadi salah satu sarana publikasi untuk meningkatkan kesadaran publik tentang keberadaan, peran dan kontribusi BPK terhadap perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

"Ini untuk edukasi, promosi. Biar mudah diingat BPK itu apa. Apa bedanya dengan BPKP. Susah dengan bahasa audit," katanya.

Pembuatan film-film tersebut dimulai sejak April 2013, dengan bantuan dan dukungan dari USAID.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement