Rabu 15 Jan 2014 09:01 WIB
Peringati Hari Bersejarah

Yogyakarta Gelar Festival Bregada Rakyat

Pengunjung padati Pasar Beringinharjo, Yogyakarta
Foto: antara
Pengunjung padati Pasar Beringinharjo, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setidaknya 23 kelompok bregada dari berbagai wilayah di DIY turut memeriahkan Festival Bregada Rakyat pada Minggu (19/1) yang digelar dalam bentuk kirab menyusuri Jalan Malioboro hingga Benteng Vredeburg.

"Festival digelar untuk memperingati Yogyakarta sebagai Kota Republik yang diperingati setiap 4 Januari serta mendukung keistimewaan Yogyakarta," kata Ketua Panitia Festival Bregada Rakyat Widihasto Wasana Putra di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, di berbagai wilayah di DIY baik di kampung maupun dukuh kini banyak bermunculan kelompok-kelompok bregada yang penampilannya menduplikasi bregada atau prajurit Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bregada di masyarakat tersebut kerap tampil untuk memeriahkan berbagai kegiatan seperti merti dusun, kegiatan pemerintahan kota atau kabupaten dan berbagai kegiatan lainnya.

"Keberadaan bregada tersebut patut dilestarikan dan dikembangkan karena akan mendukung pariwisata di DIY. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggelar festival ini," katanya.

Ia menambahkan, festival yang menampilkan bregada rakyat tersebut baru pertama kali diselenggarakan. Selain uang pembinaan dengan total nilai Rp16,6 juta, peserta dengan penampilan terbaik juga akan memperoleh tropi, di antaranya dari Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Sri Paduka Paku Alam IX dan berbagai pihak lainnya.

Penilaian akan dilakukan berdasarkan berbagai kriteria, seperti kreativitas kostum yang dikenakan, aksesoris penunjang, musik pengiring, serta keselarasan cara berjalan dari seluruh anggota.

"Kami memperkirakan, jumlah kelompok yang mendaftar akan bertambah karena pendaftaran baru ditutup pada Kamis (16/1)," katanya.

Sejumlah kelompok yang sudah mendaftar di antaranya, Bregada Ngeksigondo Kutho Gedhe I dari Kota Yogyakarta, Bregada Manunggaling Kawulo dari Tegaltirto Berbah Kabupaten Sleman, Bregada Jogo Bumi Adikarto dari Panjatan Kabupaten Kulonprogo, Bregada Banguntapa dari Banguntapan Kabupaten Bantulk, dan Bregada Seni Kaprajuritan Kepanjen dari Semanu Kabupaten Gunungkidul.

Selain atraksi dari puluhan kelompok bregada yang dapat disaksikan langsung di sepanjang Malioboro, masyarakat juga akan disuguhi atraksi dari satu pleton pasukan Yonif 403 Wirasana Pratista.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement