Jumat 13 Dec 2013 19:40 WIB

Bawa Sudip dan Cangkul! Nikmati Manfaat Berkebun

Berkebun (ilustrasi)
Foto: ©Yourhomewizard
Berkebun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa kali artikel mengulas mengenai tips dan aneka kiat berkebun baik, di lahan terbuka maupun di ruangan. Satu hal yang penting dan mesti dibagi dalam tulisan l kali ini adalah mengapa hobi berkebun bermanfaat besar.

Berkebun bermanfaat bagi pria dan wanita, juga tua dan muda . Berkebun juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Mengapa demikian? Mari kita tengok alasannya.

Baik untuk kesehatan. Berkebun sama seperti sedang melakukan olahraga membakar kalori sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Saat berkebun, Anda akan melakukan kegiatan seperti memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, menanam bunga dan tanaman, memberi pupuk serta menyiram tanaman.

Tahukah Anda, kegiatan berkebun bisa membakar antara 280 kalori hingga 380 kalori per jam. Jumlah kalori yang terbakar ini sama dengan jogging atau berlari selama 30 menit atau berlari dengan jarak 2,5 km.

Lebih mengejukan lagi kegiatan berkebun mampu membakar kalori lebih banyak daripada bersepeda. Berkebun setara dengan berolahraga di pusat kebugaran yang menghabiskan banyak uang.

Mengurangi stres. Berkebun ampuh meredam dan menurunkan kadar stres seseorang. Usai menjalani hari-hari atau pekan yang penuh kesibukan, lalu kembali berkegiatan dengan alam bisa sangat menyegarkan. Berkebun mendekatkan pelakunya dengan alam. Semua tahu manusia adalah bagian dari alam.

Bayangkan saat menunggu tanaman yang telah Anda rawat dan pelihara kemudian tumbuh, bertunas, mengeluarkan kuncup, lalu berbunga, atau berbuah. Selain membantu seseorang melatih kesabaran dan memandang ke depan dengan pikiran positif, ada kebahagian ketika melihat sesuatu yang kita rawat membuahkan hasil.

Aktivitas menyehatkan para lansia. Untuk mereka yang lanjut usia (lansia), kegiatan berkebun juga memiliki banyak manfaat. Merawat tanaman mampu membuat para lansia merasakan bahwa mereka tetap dibutuhkan dan tidak kesepian.

Membantu menenangkan jiwa. Sementara bagi yang mengalami masalah kesehatan mental atau memiliki gangguan psikologi, kegiatan berkebun juga memiliki dampak positif. Saat berkebun, seseorang bisa merasa nyaman dan tenang karena ia mendapatkan energi dari alam dengan menumbuhkan dan merawat alam.

Apalagi jika mengerjakan kebun dengan tanaman dan bunga yang indah serta lingkungan yang tenang, kegiatan merawat bunga dan berkebun bisa membantu seseorang memperoleh rasa percaya diri.

Mengakrabkan hubungan keluarga. Orang tua akan kian dekat dengan anak bila mereka menikmati aktivitas bersama. Berkebun adalah salah satu cara yang menarik untuk membangun ikatan emosi ini. Orang tua bisa menjadikan anak sebagai tim untuk memulai proyek kebun sederhana. Aktivitas ini juga mengajari anak untuk lebih menghormati dan mencintai alam dan merawatnya.

Memberi kebahagiaan orang sekitar. Bukan cuma mereka yang berkebun yang akan mendapat manfaat, orang-orang yang tinggal atau berada di sekitar rumah dengan taman yang indah juga akan memperoleh manfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang akan merasa lebih senang dengan lingkungan yang banyak tumbuhan hijau.

Berkebun ampuh mempercepat proses kesembuhan. Ada alasan mengapa rumah sakit memiliki taman yang indah. Pasien rumah sakit didapati akan lebih cepat sembuh jika berada di lingkungan hijau atau berada di ruangan yang memiliki tanaman dalam ruangan.

Berdasar tekanan darah dan detak jantung, penderita penyakit yang sedang dalam masa pengobatan lalu berada di lingkungan hijau akan lebih cepat sembuh. Bila ada anggota keluarga yang sakit, dengan mengajaknya menikmati kebun atau melakukan aktivitas berkebun ringan selain membuat rumah indah dan mempercepat penyembuhan anggota keluarga tersebut.

Memperpanjang umur. Kesehatan yang stabil serta pikiran yang semakin tenang, jelas mempengaruhi daya tahan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menyukai berkebun.

Alternatif pemasukan.Bila tipe tanaman dalam kebun Anda adalah tumbuhan yang menghasilkan sangat memungkinkan bisa menghasilkan dan memberi masukan tambahan. Misal Anda memiliki lahan luas lalu berkebun sayur-mayur. Kalau toh Anda tidak menjualnya, semua panen dalam kebun bisa dinikmati sendiri, selain sehat tanpa pestisida, jelas jauh lebih murah. Jadi sangat disarankan bagi mereka yang berkebun sayur-mayur untuk memilih tipe tumbuhan dengan rentang panen berbeda.

Ayo, ambil perlatan berkebun sekarang juga!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement