Rabu 11 Dec 2013 18:46 WIB

Serunya Buat Lukisan dari Cetakan Daun

Membuat lukisan dengan cetakan daun bisa menjadi hobi menarik.
Foto: WIKIHOW
Membuat lukisan dengan cetakan daun bisa menjadi hobi menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, Membuat cetakan daun bisa menjadi aktivitas menyenangkan, bukan hanya bagi anak-anak untuk kreasi bersama keluarga tetapi juga kegiatan seru bagi Anda yang ingin menuangkan kreasi warna di atas kertas, mulai membuat lukisan sederhana untuk dipanjang di kamar atau kertas sampul menarik bagi jurnal, kartu ucapan, kertas kado bingkisan, atau kerajinan kertas lainnya.

Sebagai bonus Anda melakukan dua aktivitas sekaligus yakni berkreasi dan sebelumnya berjalan-jalan ke alam terbuka untuk mengumpulkan daun dalam berbagai bentuk dan ukuran. Setelah puas Anda bisa pulang dan mulai menggunakan daun untuk proyek kriya yang Anda inginkan.

1. Kumpulkan dan bersihkan koleksi daun segar yang telah Anda kumpulkan. Jajar dengan rapi untuk melihat bentuk dan ukurannya agar mempermudah imajinasi dalam berkreasi. Sangat disarankan untuk memilih daun segar. Daun kering tidak akan bisa digunakan untuk proyek ini karena akan hancur menjadi serpihan ketika ditekan

 

 

2. Siapkan meja kerja dan cat yang diinginkan. Bila perlu alasi dengan koran atau plastik besar untuk menjaga meja tetap bersih tidak terkena percikan cat. Ambil daun dan oleskan cat di bagian punggung daun yang memiliki tekstur tulang paling menonjol. Sebaiknya alasi daun dengan kain agar tidak mengotori kertas proyek Anda.

 

 

4. Setelah itu balik dengan perlahan daun yang telah diwarnai ke kertas yang telah disiapkan. Hati-hati tekan dengan kuat daun agar seluruh bagian punggung daun menyentuh kertas seluruhnya. Ambil dan lihat hasilnya. Setelah itu ulangi lagi, baik dengan daun yang sama atau dengan daun berbeda.

 

5. Biarkan karya Anda mengering. Setelah itu Anda bisa memakainya untuk kegunaan apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement