Selasa 03 Dec 2013 10:39 WIB

Roman 'Noona' di Drama Korea

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Berbagai situs internet membahas drama-drama Korea
Foto: Soompi
Berbagai situs internet membahas drama-drama Korea

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Di Korea Selatan, "Noona" berarti kakak. Namun, pria juga bisa menggunakan kata ini sebagai ungkapan rasa sayang kepada wanita yang dicintainya yang berusia sedikit lebih tua.

Ketika kata itu digunakan di sebuah drama Korea, itu berarti pemeran utama wanita lebih tua dari pria yang mencintainya.

Ada banyak roman "noona" di K-drama, dan anda mungkin bertanya mengapa pola cerita seperti itu begitu populer di Korea. Berikut adalah beberapa teori yang membuktikan bahwa cinta dalam K-drama bisa mengalahkan segalanya, bahkan perbedaan usia sekalipun, dilansir dari Kdramastars, Selasa (3/12).

Teori pertama, wanita ingin merasa mereka masih tetap dipuja dan layak dicintai meskipun usia mereka. Sebagian perempuan mungkin percaya bahwa laki-laki harus lebih matang darinya. Namun, dalam roman "noona" didrama Korea, pemeran wanita biasanya senang melihat karakternya laki-lakinya tumbuh matang dari waktu ke waktu.

Teori kedua, karakter noona biasanya memiliki posisi otoritas yang membalikkan peran gender dan itu menjadi plot cerita yang menyenangkan di dalam K-drama. Laki-laki harus mendengarkan apa yang dikatakan noonanya.

Tahun ini, hit drama 'I Hear Your Voice' adalah roman noona antara seorang siswa SMA, diperankan Lee Jong Suk, dan seorang jaksa yang diperankan Lee Bo Young. Ini bukan fenomena baru. Pada 2005, film komedi 'Biscuit Teacher' dibintangi Gong Yoo dan Gong Hyo Jin memulainya.

Dalam drama itu, Gong Yoo adalah siswa bermasalah di sekolahnya, namun sekaligus menjadi siswa yang paling mengerti tentang pribadi gurunya yang diperankan Hyo Jin.

Setahun kemudian, pada 2006 ada drama 'Unstoppable High Kick' yang memiliki subplot asmara antara noona dan seorang remaja, yaitu Jung Il Woo dan gurunya Seo Min Jung.

Dalam drama 'Flower Boy Ramen Shop,' Jung Il Woo melanjutkan perannya sebagai seorang murid yang jatuh cinta pada gurunya yang diperankan Lee Jang Woo. Dia rela jatuh bangun untuk wanita yang dicintainya.

Drama 'The Woman Who Still Wants To Marry,' juga menunjukkan kisah seorang penyiar berusia 30 tahun, diperankan Park Jin Hee, yang putus asa menemukan pria yang dicintainya. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang rocker indie yang usianya jauh lebih muda darinya, diperankan Kim Bum.

Kim Bum ternyata jatuh cinta pada Jin Hee dan memperjuangkan cintanya untuk noonanya dengan cukup gigih.

Pekan ini, Park Jin Hee kembali memainkan peran utama untuk drama 'Botox.' Ceritanya seorang wanita berusia 42 tahun yang menghadapi pengakuan cinta dari pria 21 tahun yang diperankan Lee Joon 'MBLAQ.'

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement