Senin 25 Nov 2013 17:43 WIB

Tajam Sekaligus Rileks? Padukan Jas dengan Sneaker

Paduan setelan jas dengan sepatu kasual
Paduan setelan jas dengan sepatu kasual

REPUBLIKA.CO.ID, Memadukan setelan jas lengkap dengan sneakers? Mengapa tidak? Kini kombinasi itu menjadi ciri khas pria modern.

Seorang pria yang percaya diri tahu bagaimana memanipulasi aturan dan menonjol dari orang kebanyakan. Jas yang tepat selalu membuat pria tampil berkelas, cerdas dan tajam. Begitu sneaker dipadukan denga jas, terlihat aransemen unik menunjukkan si pemakai, memiliki rentang gaya yang menarik.

Bila ingin melakukan petualangan gaya kordinasi tidak konvensional, Anda tetap harus berpikir dengan hati-hati mengenai seberapa tepat padu padan itu dan bagaimana menggunakan jurus kombinasi tersebut dengan gaya.

Pertanyaan utama mengapa desainer memasangkan sneaker dan setelan jas? Pertama jelas, melanggar aturan.

Dalam fashion alasan itu saja sudah cukup. Kedua desainer memang sengaja memikir ulang tampilan sneaker. Para pria selalu menginginkan sepatu yang nyaman dan mudah digunakan tapi sepatu semacam itu bukan berarti sneaker bertampilan tipe atletik.

Tuntutan itu pun memberi tekanan kepada desainer untuk mengintepretasi ulang standard mereka. Akhirnya kode berbusana pun bergeser untuk menyesuaikan budaya bisnis.

Saat lebih banyak lingkungan kerja menerima kreativitas dalam struktur mereka, para pekerja memiliki ruang untuk mengeksplorasi gaya pribadi mereka dalam lingkungan bisnis.

Memang bisnis seperti perusahaan asuransi dan kantor pengacara tak lantas tiba-tiba bisa menerima jas dan sneaker, tapi ada pergeseran nyata di sektor teknologi dan desain.

Jadi bagaimana resepnya? Anda tidak bisa serta merta mencomot koleksi sepatu basket di rak lalu mengenakan bersama jas di lemari.

Untuk menggunakan komnbinasi ini tetap ada jurusnya. Pertama agar terlihat efektif, jas Anda harus lebih kasual, yakni yang mengusung lebih banyak elemen desain modern, seperti tipe tekstil alternatif, kancing, kerah dan warna.

Juga, pilih sneaker sedikit bergaya. Itulah alasan desainer mulai mengubah sneaker dalam garis blur dengan memasukkan gaya tertentu. Beberapa mereka yang bisa dijadikan acuan yakni koleksi musim semi Bikkemberg 2013, Don Oxford atau Don Wing Tip.

Carilah sepatu yang dengan kreatif menggunakan inspirasi sneaker dalam detailnya. Untuk penampilan lebih bermain-main, Skaddle dari Duckie Brown bisa jadi pilihan. Warna biru sangat trendi untuk penampilan Anda. Satu lagi bila sepatu Anda tidak bisa pas, bisa jadi kesalahan pada jasnya.

Bila lingkungan kerja Anda bisa lebih menerima gaya tidak konvensional, Anda bisa dengan mudah memasangkan jas linen berwarna terang dengan sneaker kanvas warna tan atau abu-abu atau dengan sepatu converse kesayangan Anda! Syaratnya, pastikan sepatu masih dalam kondisi prima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement