Ahad 17 Nov 2013 12:02 WIB

Dukung Pesta Budaya Tabuik, PT KAI Tambah Jadwal Padang-Pariaman

Anak nagari memanjat Tabuik di antara puluhan ribu warga menyaksikan prosesi Tabuik dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumbar, Minggu (25/11).
Foto: Antara/Iggoey el Fitra
Anak nagari memanjat Tabuik di antara puluhan ribu warga menyaksikan prosesi Tabuik dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumbar, Minggu (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatera Barat (Sumbar), menambah jadwal keberangkatan kereta api rute Padang ke Pariaman menjadi empat kali pada Ahad ini karena bertepatan dengan puncak perayaan Pesta Budaya Tabuik.

"Penambahan jadwal dilakukan guna menfasilitasi para penumpang yang ingin menikmati puncak perayaan pesta tabuik ini," kata Kepala Stasiun Kota Pariaman, Afrizal di Pariaman, Ahad.

Ia menjelaskan, pada hari-hari biasa jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Simpang Haru Padang tujuan Stasiun Kota Pariaman adalah sebanyak 3 kali, masing-masing pada pukul 06.00 WIB, 08.30 WIB, dan 14.00 WIB.

Khusus untuk hari ini, PT KAI Divre II Sumbar menambah satu lagi jadwal keberangkatan dari Padang tujuan Pariaman, yakni pada pukul 14.50 WIB. Kereta api pukul 06.00 WIB dan pukul 14.00 WIB adalah kereta api kelas ekonomi Sibinuang dengan tarif sekali perjalanan Rp 2.500/orang.

Afrizal menjelaskan, ketersediaan tempat duduk untuk kereta api tersebut adalah sebanyak 476 kursi (lima gerbong).

Sementara, kereta api pukul 08.30 WIB dan pukul 14.50 WIB adalah kereta api wisata Dang Tuanku dengan tarif sekali perjalanan Rp 13.000/orang untuk kelas ekonomi, Rp 18.000/orang untuk kelas eksekutif.

Ketersediaan tempat duduk untuk kereta api wisata tersebut, adalah sebanyak 572 kursi (lima gerbong kelas ekonomi, dua gerbong kelas eksekutif), dengan rincian sebanyak 444 kursi untuk kelas ekonomi, 128 kursi untuk kelas eksekutif.

Adapun kereta api terakhir dari Kota Pariaman tujuan Padang adalah kereta api wisata Dang Tuangku, dan dijadwalkan berangkat pada pukul 18.30 WIB dari Stasiun Kota Pariaman.

Afrizal mengimbau, kepada calon penumpang agar memperhatikan jadwal-jadwal keberangkatan masing-masing kereta api tersebut guna mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang, utamanya pada pemberangkatan kereta api terakhir.

"Tahun-tahun sebelumnya juga begitu, ada peningkatan jumlah penumpang utamanya pada kereta terakhir," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement