Rabu 13 Nov 2013 17:37 WIB

Din Syamsuddin, Niat Ikhlas Berbuah Penghargaan

Rep: rosita budi suryaningsih/ Red: Damanhuri Zuhri
Din Syamsuddin
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin tak menyangka kerja keras selama ini dalam mewujudkan perdamaian diapresiasi oleh banyak pihak. Baru-baru ini, Din mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Italia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Din memang sering bolak-balik ke Italia untuk menjalin kerja sama dengan komunitas Katolik di negara itu.

“Kami membuat nota kesepahaman untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi pada umat Islam dan Katolik. Misalnya, konflik antara Pemerintah Filipina dan komunitas Muslim di Moro,” ujarnya. Din bahkan sempat bercakap dengan Paus Benediktus tentang misinya ini.

Ia melakukan kegiatan tersebut dengan niat ikhlas demi membantu saudaranya sesama Muslim. Namun, Din tidak menyangka upayanya tersebut malah berbuah penghargaan.

Pemerintah Italia memandangnya sebagai sosok yang memiliki andil besar dalam mempererat hubungan antara Indonesia dan Italia dalam bidang agama.

Penghargaan tersebut diberikan Duta Besar Italia untuk Indonesia, HE Federico Failla. Di dadanya disematkan bintang penghargaan ordine della stella d italia.  “Saya sangat bersyukur dapat penghargaan ini,” ujarnya.

Kerja kerasnya dalam membina hubungan dengan pihak agama lain dan memperbaiki citra Islam di dunia memang patut diberikan penghargaan.

Menurutnya, kini dialog antarumat beragama dari Indonesia dan Italia semakin sering dilakukan. “Sehingga, terbangun kerja sama yang baik. Meski berbeda agama dengan persepsi masing-masing tapi bisa satu visi,” kata Din.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement