Jumat 08 Nov 2013 22:52 WIB

Surat Wasiat Napoleon Laku 357.000 Euro

Surat wasiat Napoleon
Foto: telegraph
Surat wasiat Napoleon

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Salinan surat wasiat Napolepon Bonaparte yang ia tulis pada 1821 saat mantan kaisar Prancis ini tinggal di pengasingan, terjual 357.000 euro atau sekitar Rp 5,2 miliar.

Seperti dikutip BBC, surat wasiat itu terjual dengan harga dua kali lipat dari yang ditawarkan antara 80.000 sampai 120.000 oleh pembeli Prancis yang tidak mau disebutkan namanya.

Pembeli di rumah lelang Drouot Paris itu mengatakan akan menyimpat surat wasiat itu sebagai koleksi pribadi. Rumah lelang Druout mengatakan harga penjualan itu termasuk pajak dan biaya administrasi lain. "Dokumen ini luar biasa, terkait dengan saat-saat terakhir Kaisar," kata pakar lelang Alain Nicolas.

Salinan surat wasiat yang bertanggal 16 April 1821 itu berisi permintaan Napoleon agar abu jenazahnya disebarkan di Sungai Seine, Paris. "Saya ingin abu saya disebarkan di tepian Seine di antara rakyat Prancis yang sangat saya cintai," kata Napoleon dalam surat itu.

Surat itu disalin oleh penasehat dekatnya saat mantan kaisar itu tinggal di pengasingan di Pulau Saint Helena setelah kalah dari Inggris dalam perang Waterloo.

Namun jenazah Napoleon justru dikuburkan di Menara Invalides dua dekade kemudian.

Ia meninggal pada tanggal 5 Mei tahun 1821 pada usia 51 tahun.

Surat wasiat asli yang ditulis tangan oleh Napoleon di simpan di pusat arsip Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement