REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Eminem memenangkan penghargaan Artis Tahun ini di Youtube Music Award, Ahad (3/11) kemarin. Sementara Video Tahun Ini dimenangkan oleh Girls' Generation, mega bintang Korea Selatan yang masih merintis karir di industri musik Amerika.
Terobosan Tahun Ini diberikan pada duo hip-hop Macklemore dan Ryan Lewis, yang lagu-lagunya termasuk lagu kebangsaan kaum gay "Same Love." Walk off the Earth, bersama dengan KRNFX, mendapat penghargaan Fenomena (Phenomenon Award) untuk gubahan ulang lagu Taylor Swift “I Knew You Were Trouble,” sementara Hadiah Inovasi didapat DeStorm lewat “See Me Standing”.
Seperti dikutip reuters, Selasa (5/11), Untuk memberikan apresiasi pada konten yang diunggah pengguna YouTube -- mulai dari kucing menguap sampai video berita besar yang direkam di ponsel -- YouTube memberikan penghargaan Respon Tahun Ini.
Penghargaan itu diberikan pada Lindsey Stirling dan Pentatonix, untuk aransemen baru bagi lagu "Radioactive" dari Imagine Dragons. Stirling merupakan bintang di kalangan pemain biola, tapi tidak seterkenal Katy Perry, salah satu kandidat pemenang malam itu.
YouTube telah memposisikan dirinya pada tahun-tahun terakhir sebagai sumber besar video musik baru bagi para penggemar. Situs-situs seperti YouTube secara efektif berfungsi sebagai stasiun-stasiun musik yang sedang digemari, karena penggemar dapat mendengar atau menonton daftar lagu berulang-ulang hanya diselingi sedikit iklan.
Pergeseran ini menyoroti beberapa tantangan, dan juga peluang, bagi para artis. Akses terhadap musik menjadi lebih mudah, berkat laman-laman seperti YouTube, blog musik, perangkat lunak untuk berbagi dokumen dan yang lainnya. Namun, hal ini juga menyebabkan lebih sulit bagi para musisi untuk menghasilkan uang.
YouTube diharapkan dapat memperkenalkan sebuah opsi pada akhir tahun ini untuk memungkinkan para penggemar musik tidak melihat iklan lewat layanan langganan berbayar. Hal ini membuat YouTube bersaing secara langsung dengan layanan-layanan seperti penyiaran musik Internet Spotify, yang memiliki model bisnis yang dikritik oleh para musisi karena memeras mereka