Jumat 01 Nov 2013 16:40 WIB

Lancip, Bulat, Lebar? Sesuaikan Kerah Kemeja dengan Wajah

Tokoh Mallory mengenakan kemeja dengan kerah English spread dalam adegan film James Bond 007, Skyfall
Tokoh Mallory mengenakan kemeja dengan kerah English spread dalam adegan film James Bond 007, Skyfall

REPUBLIKA.CO.ID, Ulasan ini masih seputar memilih kemeja yang berkualitas untuk kebutuhan pria. Hanya saja sekarang fokus pada detail kerah.

Kerah bukan soal sepele, tipe kerah dan lapisan bahan yang membuat kerah kaku dan licin adalah salah satu tanda kemeja dibuat dengan standard tinggi.

Lalu kemeja dengan jenis kerah seperti apa yang pas untuk Anda? Paling tidak Anda harus mengenal enam jenis bentuk kerah dasar pada kemeja Pria.

Turn down collar

Biasanya disebut 'kerah lurus ujung lancip" ini adalah tipe kerah yang akan Anda lihat di sebagian besar kemeja pria. Sebagian kemeja gaya korporat menggunakan tipe kerah ini. Dalam kata lain, kerah ini sering dilihat pada kemeja kasual dan trendy.

 

 

 

Tab collar

Ini adalah versi tumpul dari 'kerah lurus ujung lancip'. Biasanya ia memiliki satu strip kain tambahan untuk membantu mengancingkan kedua sayap kerah ke bagian depan kemeja

 

 

 

Button down

Ini juga mirip dengan kerah lurus ujung lancip. Pembedanya adalah pada setiap ujung sayap kerah memiliki kancing yang berfungsi mengikat kerah ke kemeja.

 

 

 

Rounded collar

Kerah ini disebut juga kerah bundar atau kerah klub. Ujung sayap kerah membundar an memilih lubang pin kecil pada ujungnya.

 

 

 

English spread

 

( berbagai jenis kerah English spread)

Tipe kerah ini memiliki lebar medium dan ujung nyaris siku-siku. Beberapa tipe English spread bahkan memiliki sayap kerah yang sangat lebar.

Mandarin collar

Terakhir, Anda tak mungkin salah mengartikan. Yup dari namanya kerah ini terinspirasi dari tipe kerah baju cina, kerah yang muncul satu hingga dua inci dari landasan kerah pada kemeja dan tidak dibalik.

Semuanya bisa dikenakan dalam kesempatan kasual, semi formal hingga resmi, bergantung dengan tipe warna dan kombinasi jas apa yang Anda kenakan serta situasi acara.

Hanya saja tidak semua tipe kerah cocok untuk semua tipe wajah. Tips paling mudah, wajah memanjang cenderung tirus bisa menggunakan hampir semua tipe kerah terutama yang bersayap rendah dan bulat. Sementara untuk kerah yang lancip dan panjang sesuai untuk wajah besar atau bulat karena bisa menyeimbangkan figur wajah dan memberi kesan panjang pada leher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement