Kamis 31 Oct 2013 16:43 WIB

Pilih Kemeja Pria Berkualitas Lewat 4 Jurus

Kemeja untuk pria (ilustrasi)
Foto: ©artofmenlines.com
Kemeja untuk pria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi sebagian besar pria, memilih kemeja seperti halnya memilih sepasang sepatu lari, jeans atau T-Shirt. Bergantung pada suka atau tidak suka dan biasanya hargalah yang kemudian mendikte keputusan.

Meski demikian ada baiknya pria memahami alasan memilih karena busana itu sendiri dan fungsinya. Menurut Askmen.com, ketika nanti perlu membeli lagi kemeja, pastikan memperhatikan empat detail berikut.

1. Kualitas

2. Tipe kerah

3. Kepantasan dan Sesuai ukuran tubuh

4. Fleksibilitas pemakaian

Kualitas

Perlu diketahui tidak semua desainer merek ternama memiliki pengertian sinonim dalam kualitas. Hanya saja bagi nama mereka yang sudah beredar dan terdengar lama, aneh bila kualitas mereka di bawah harapan.

Bermerek atau tidak, kemeja berkualitas harus terbuat dari serat dan kain kualitas terbaik. Jadi pastikan Anda membaca 100 % cotton atau jenis serat alami terbaik lainnya.

Detail jahitan juga menyatakan kualitas kemeja. Kemeja berkualitas baik seharusnya memiliki jahitan solid sekaligus tersembunyi di sekeliling lekuk, potongan, sambungan dan kancing. Pabrik-pabrik konveksi dan garmen kerap kali memotong bagian ujung kemeja menggunakan benang murahan.

Juga pastikan memeriksa detail lebih kecil. Manset pergelangan tangan dan kerah adalah bagian detail paling penting dari setiap kemeja pria. Sebuah kemeja yang membuat manset tampak indah dan mendesain baik kerahnya biasanya memiliki kualitas tinggi. Begitu pula kemeja dengan manset tanpa kancing, melainkan menggunakan penjepit manset dan kerah dengan lapisan dalam kaku sering dilihat sebagai lebih resmi daripada yang tidak.

Kerah

Memilih kerah adalah langkah penting dalam proses seleksi. Kerah kemeja sudah seharusnya duduk manis dan rata di sekeliling leher Anda, tanpa harus mencekik. Aturan utama, Anda bisa menyelipkan jempol di antara kerah pada kemeja yang terkancing hingga leher tanpa merasa tercekik.

Untuk proporsi lebih pas, ukur lingkar leher Anda tepat di bawah jakun dengan alat pengukur jahitan.

Setiap gaya kerah memiliki karakter berbeda dan bergantung pada bagaimana dan apa yang akan Anda kenakan. Terpenting, Anda harus merasa nyaman dengan penampilan dengan jenis kerah yang Anda pilih.

Secara umum, kerah tinggi dan tidak lebar pas untuk wajah sempit, semenentara kerah yang lebih rendah akan membantu memberi kesan tinggi pada leher, sehingga pas bagi wajah lebih lebar.

Kepantasan dan kesesuaian dengan tubuh

Satu lagi tahapan yang perlu diperhatikan, kemeja harus pas dengan manis di sekeliling pundak dan punggung. Anda harus merasa nyaman saat membungkuk atau memajukan tubuh tanpa ada kesan kemeja akan sobek di bagian punggung.

Saat tangan sejajar tubuh, bagian ujung lengan--bila itu kemeja panjang--harus jatuh tepat di mana awal tulang ibu jari bermula

Terakhir bila Anda berencana memasukkan kemeja ke celana, pastikan kemeja cukup panjang, karena harus merapikan dan memasukkan kembali kemeja Anda  setiap saat, dan sepanjang hari gara-gara kemeja terlalu pendek, bisa sangat menggangu.

Fleksibilitas,

Terakhir tapi bukan berarti tidak penting, Anda harus memilih kemeja berdasarkan fungsi pemakaian. Bila bujet Anda terbatas, hindari dari warna-warna dan pola aneh. Pilihlah warna-warna solid, seperti putih polos, hitam dan abu-abu. Mereka adalah warna klasik yang mudah dipadukan dengan seluruh koleksi pakaian Anda.

Semoga panduan memilih sederhana ini bisa membantu Anda menemukan kemeja berkualitas baik, berorientasi pada detail, dapat digunakan di hampir segala kesempatan, hingga membuat Anda tetap tampil cerdas dan tajam untuk jangka waktu lama.

Tetap bergaya!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement