Kamis 17 Oct 2013 18:16 WIB

Apresiasi Film Indonesia 2013, Bukti Babak Baru Perfilman Indonesia

Rep: MG ROL 18/ Red: Hazliansyah
Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) untuk kedua kalinya mengadakan Apresiasi Film Indonesia (AFI). AFI merupakan ajang untuk memberikan penghargaan bagi karya film yang seluruh aspeknya mengandung unsur nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter.

"AFI adalah acara yang dimaksudkan untuk mengapresiasi film-film nasional yang memiliki unsur budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter. Selain itu apresiasi ini juga dimaksudkan karena saat ini pemerintah belum sepenuhnya mengapresiasi perfilman nasional," ujar Direktur Jendral Kebudayaan, Kancung Marijan Kamis (17/10) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Ia juga menambahkan bahwa film merupakan salah satu dari kebudayaan. Industri film akan bagus jika banyak orang yang mencintai atau mengapresiasi film yang dibuat.

Apresiasi Perfilman Indonesia 2013 ini tidak hanya mengapresiasi film sebagai karya, namun juga memberikan penghargaan khusus kepada elemen-elemen yang sudah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan perfilman nasional.

Selain itu, AFI 2013 juga menggandeng kerja sama dengan tim ahli yang terdiri dari praktisi pendidikan, kebudayaan, perfilman dan komunikasi.

Ichwan Persada sebagai ketua ahli AFI 2013 menjelaskan, AFI kali ini sangat menarik karena tidak hanya menilai film dari sisi teknis melainkan secara keseluruhan. Misalnya dari unsur-unsur pendukung dalam pembuatan film tersebut.

Acara yang akan berlangsung pada 4 November 2013 di Plaza Selatan Kompleks Gelora Bung Karno ini akan dibuat dengan konsep atraktif dan dilakukan secara outdoor.

Penilaian untuk semua kategori akan dinilai oleh Dewan Juri AFI 2013 yang diketuai oleh Totot Indrarto dan anggotanya yaitu Mathias Muchus, Erwin Arnada, Nirwan Dewanto, Jajang C Noer,Dana Riza, Linda Christanty, Wahyu Aditya dan Hafiz Rancajale.

Ada 18 kategori yang ada di festival AFI dan tidak semua kategori ini ada di ajang festival film manapun. Berikut kategori AFI 2013.

Kategori Utama:

1 Apresiasi film bioskop

2 Apresiasi film Independen

3 Apresiasi film dokumenter

4 Apresiasi film Animasi

5 Apresiasi film Pendek

6 Apresiasi film Anak

7 Apresiasi film Pilihan Pemirsa

Kategori Monumental:

1 Apresiasi Film Adi Karya

2 Apresiaau Adi Insani

Kategori Khusus:

1 Apresiasi Sutradara Perdana

2 Apresiasi Festival Film

3 Apresiasi Poster Film

4 Apresiasi Komunitas

5 Apresiasi Media Cetak

6 Apresiasi Media Non Cetak

7 Apresiasi Film Independen kategori pelajar

8 Apresiasi Film Independen kategori Mahasiswa

9 Apresiasi Lembaga Pendidikan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement