Kamis 03 Oct 2013 14:38 WIB

KPK Luncurkan Film Animasi

Rep: MG20/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gedung KPK
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat gebrakan baru. Kali ini dengan meluncurkan film animasi untuk anak usia Sekolah Dasar (SD). Temanya, serial Sahabat Pemberani. Bertempat di XXI Taman Ismail Marzuki, Kamis (3/10), acara peluncuran ini selain dihadiri petinggi KPK, juga dihadiri oleh anak-anak dari beberapa SD di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sandri Justiana dari divisi pendidikan KPK mengatakan, film ini terwujud atas dukungan berbagai pihak, di antaranya USAID, DND, dan MSI.  Menurutnya, ini adalah film non-komersil yang bisa diakses siapa saja. “Rencananya kami akan keliling ke 10 kota besar di Indonesia untuk mensosialisasikan film ini,’’ ujar Sandri.

Menurutnya, film ini hadir di tengah masyarakat untuk memberikan cara baru pendidikan anti korupsi khususnya untuk anak usia SD. Melalui tokoh Kirana, Panji, dan Krisna, penonton disuguhkan cerita apik yang sarat akan pesan kejujuran, kedisiplinan, serta tanggungjawab. “Bagus filmnya! Pengen nonton lagi,’’ ujar Amelia,  setelah menonton bersama film Sahabat Pemberani.

“Aku ingin jadi sahabat pemberani!”, ujar Nabil, salah satu murid SD 05 Pagi. Antusiasme anak-anak terlihat saat pemandu acara memberikan pertanyaan mengenai isi film. Hampir semua anak tunjuk tangan.

“Kami melakukan diskusi grup dulu dengan pakar dari bidang film, pendidikan anak, maupun psikologi anak sebelum melakukan eksekusi pembuatan film”, ujar Tri Puspitarini, penulis skenario serial film Sahabat Pemberani.

Film ini berbentuk serial dengan dua episode sebagai program awal. “Tidak menutup kemungkinan akan ada episode-episode selanjutnya”, ujar Tri Puspitarini kepada Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement