Kamis 26 Sep 2013 13:54 WIB

Kota Ini Berpredikat Kota Paling Jujur di Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Helsinki
Helsinki

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Jika menemukan dompet terjatuh, bisa jadi orang tidak mengembalikan kepada pemiliknya. Namun, di Kota Helsinki, Finlandia, lebih banyak orang yang mengembalikan dompet tersebut dibandingkan warga kota lain. 

Karena itu, berdasarkan survei dari Reader's Digest, kota Helsinki mendapat predikat kota paling jujur di dunia. Selain kota di Finlandia, ada 11 kota lain yang mendapat predikat dengan warga kota paling jujur. 

Dalam survei tersebut, dompet dijatuhkan di 16 kota di seluruh dunia untuk mencari tahu seberapa banyak orang yang mengembalikan. Setiap dompet diisi nomor kontak, foto keluarga, kartu nama, kupon, dan uang sebesar 50 dolar AS atau 31 euro. 

Mumbai, India merupakan kota terjujur di posisi kedua di dunia dengan sembilan dari 12 orang mengembalikan dompet. Sementara, Lisbon di Portugal merupakan kota paling tidak jujur dengan hanya satu orang mengembalikan dompet kepada pemiliknya. 

Dalam laporan di the Independent, kota dipilih dan reporter akan menjatuhkan dompetnya di area publik seperti pusat perbelanjaan, parkiran mobil, dan trotoar. Sebanyak 192 dompet dijatuhkan dan masing-masing kota mendapat 12 dompet. 

Posisi ketiga di daftar kota paling jujur ditempati Budapest di Hungaria, dengan skor 8 dari 12 orang mengembalikan dompet. Skor yang sama dimiliki New York City di AS. 

Moskow berada di posisi lima dengan tujug orang dari 12 mengembalikan dompet. Kota yang disurvei tersebar dari Eropa, Amerika Selatan, hingga Rusia, tetapi tidak ada satupun negara di Asia Tenggara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement