Sabtu 14 Sep 2013 19:38 WIB

Apa Soto Kegemaran JK di Semarang?

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Mansyur Faqih
Jusuf Kalla
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap ke Semarang, ada satu tempat makan yang wajib dikunjungi mantan wapres Jusuf Kalla (JK). Ketua Umum PMI tersebut senantiasa menyempatkan berburu kuliner soto ayam bangkong yang terletak di Jalan Prapatan Mataram.

"Seperti kalau saya balik ke Makassar, maka kunjungan kuliner wajib adalah Coto Makassar," kata Jusuf seperti diisampaikan media officer JK, Husain Abdullah.

Seperti yang terjadi di sela perjalanan menuju Pati, Jawa Tengah, JK melampiaskan kerinduannya mencicipi soto ayam bangkong. "Kebetulan belum sarapan karena terbang subuh hari dari Jakarta, soto bangkong ini tidak saja menyelamatkan dari rasa lapar di pagi hari, tapi juga melepas rindu dengan cita rasa soto khas warga Semarang Jawa Tengah," ujar JK.

Enaknya makan soto bangkong, kata JK, karena porsinya pas. Apalagi nasi dicampur di dalam soto, sehingga makan jadi lebih terkontrol. JK mengatakan, porsi itu cocok untuknya yang tak makan dalam porsi banyak.

Dikatakan, makanan ini berbeda dengan coto makassar yang keasyikan makan bisa membuat menambah ketupat berkali-kali. Termasuk makan cotonya lebih dari satu porsi. "Soto ayam Bangkong selain lezat juga sehat karena bahannya ayam serta porsinya, tidak sedikit dan juga tidak banyak," ujarnya.

Satu satunya kritik JK atas warung soto bangkong adalah perlunya perbaikan agar lebih bersih dan bercahaya agar tidak terkesan kusam. Karena jika suasananya ceria, makan juga jadi makin berselera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement