Jumat 13 Sep 2013 12:44 WIB

Yuk, Eksplorasi Keindahan Pulau Komodo melalui INEFFEST 2013!

Red:
Ineffest 2013
Ineffest 2013

REPUBLIKA.CO.ID, -- Indonesia International Enviromental Film Festival (INEFFEST) 2013 kembali digelar untuk kedua kalinya. Jika 2011 lalu festival film ini mengambil lokasi di Wakatobi, tahun ini INEFFEST akan diselenggarakan di Kepulauan Komodo, NTT  mulai 20-24 September 2013.

Menurut Kamila Andini selaku salah satu penggagas INEFFEST, tahun ini Kepulauan Komodo terpilih karena pulau tersebut tengah menjadi sorotan sektor pariwisata Indonesia.

Festival kali ini turut mengundang para sineas film tanah air seperti Olivia Zalianty, Ari Sihasale, dan Nia Zulkarnaen.

 

 

“Semua edukasi dan motivasi secara efektif bisa lebih tersalurkan dengan isu-isu lingkungan yang bisa di share melalui film. INEFFEST tahun ini akan kami selenggarakan di Pulau Komodo,” ujar Kamila Andini, di press conference INEFFEST di SAE Institute, fX Sudirman, Jakarta, Kamis (5/9).

“Karena memang daerah-daerah disana juga belum terjamah dengan bioskop nasional, kami (INEFFEST) mengadakan festival film ini. Semoga saja bisa jadi alternatif hiburan bagi masyarakat sekitar,” tambah Kamila.

 

 

Yang menarik dari INEFFEST tahun ini adalah pengadaan workshop film bertema ‘New Leaf Summer Camp’. Workshop yang akan diadakan pada 18-24 September 2013 besok ini merupakan hasil kerjasama dengan In-Docs. In-Docs sendiri adalah program pendidikan film kolaborasi 10 remaja kota-kota besar di Indonesia  dan 10 remaja lokal Kepulauan Komodo.

 

 

Menariknya lagi, para peserta akan dibimbing selama 7 hari secara intensif oleh para sineas perfilman tanah air tersebut. Topiknya tentu akan berkaitan erat dengan isu konservasi sumber daya energi serta strategi media film guna menyampaikan isu lingkungan ke masyarakat.

“Harapannya acara ini bisa menjadi meeting point para film maker di Indonesia. Ke depannya kami juga berharap bisa membangun kerja sama dengan jaringan sineas luar terutama mereka yang berkecimpung di film bertema lingkungan”, tutup Kamila.

 

 

Peserta yang berpartisipasi harus berusia remaja 15-18 tahun.

 

* Photo Credit by INEFFEST 2013

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement