Selasa 20 Aug 2013 16:56 WIB

Jaket Biker, Gaya Maskulin Tak Lekang Waktu

Jaket Biker koleksi Belstaff
Foto: BELSTAFF
Jaket Biker koleksi Belstaff

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu gaya jaket yang layak menjadi pertimbangan pilihan kaum pria adalah tipe biker jacket. Gaya ini naik ke permukaan sebagai simbol pemberontakan budaya setelah Perang Dunia II.

Jaket tersebut pun kian moncer setelah mengalami periode glamorisasi oleh bintang film sekelas Marlon Brando dan James Dean, di antaranya dalam "The Wild One" dan "Rebel Without A Cause".

Dalam perjalanan fesyen, jaket biker kemudian menjadi lambang generasi bikers dan citra pria tangguh. Kini ia tetap masuk menjadi salah satu item budaya fesyen modern, sebagai penanda dari musim ke musim.

Konvensional

Beberapa pilihan yang bisa Anda tengok yakni tipe tradisionalis, yang tidak berubah jauh dari masa ke masa dan memiliki siluet tak lekang waktu dan potongan khas. Tipe klasik biasanya hadir dalam bahan kulit warna hitam dan cokelat  lengkap dengan stereotipe gaya asimetris. Beberapa merek yang mengusung ciri ini yakni Belstaff, Ralph Lauren, Dsquared2 dan Calvin Klein.

 

Modernisasi

Ada pula jaket biker yang mengeksplorasi sentuhan modern dengan cara berbeda. Beberapa di antaranya memberi perforasi, detail berbeda di lengan dan bahu agar tampil berbeda dari khalayak.

Salah satunya Diesel Black Gold yang menggunakan bahan nonkulit lalu menyertakan bordir kulit pada lengan untuk memberi aksen kontras dan sentuhan tak biasa.

 

Warna Alternatif

Bila Anda termasuk tipe yang ingin tampil beda dan mencolok dari kerumunan, salah satu cara mudah yakni menggunakan warna. Untuk pilihan jaket biker, sejumlah koleksi dari beberapa merek memutuskan masuk ke rute ini.

Philip Lim 3.1 misal memilih warna putih. Lalu ada Elie Tahari dengan koleksi abu-abu lembut. Belstaff juga bermain dalam warna dengan versi hijau khaki dan juga Iceberg yang mendorong lebih jauh dengan warna biru gelap.

Sementara Kenzo dan Paul Smith bahkan menawarkan pilihan lebih berani lagi, membawa tren jaket biker dalam nada-nada terang seperti kuning dan oranye.

Sepertinya Anda tak mungkin salah sengan siluet gaya biker untuk penampilan maskulin dan intelektual.

Jaket biker adalah gaya klasik sekaligus relatif bisa masuk dalam berbagi suasana. Tak heran item satu ini selalu konstan berada dalam industri fesyen. Memiliki minimal satu dalam lemari pakaian Anda, sungguh merupakan investasi berharga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement